Pengenalan User Interface (UI) Pada Android



OpO ~ Pengenalan User Interface (UI) Pada Android
OpO ~ Pengenalan User Interface (UI) Pada Android

Ciao,

OpODab.com – Kali ini opodab ingin share mengenai komponen-komponen dasar yang ada pada android. Dalam artikel ini lebih tepatnya membahas komponen dasar User Interface atau disingkat dengan UI. Secara umum arsitek user interface (UI) pada aplikasi android adalah user interface yang meliputi Activity dan User Interface yang terdiri dari komponen.

Semua yang berhubungan dengan user interface pada aplikasi android biasanya berada pada lokasi res/layout/namafile.xml (nama file adalah nama file project anda misal main.xml), dimana koding java untuk memanggilnya yang kita kenal dengan R.layout.namafile.

Saat aplikasi berjalan, antarmuka XML di-loadkedalam event handler onCreate() pada class activity dengan menggunakan method setContentView(). Ketika project dikompilasi maka setiap elemen didalam file XML akan dikompilasi menjadi class GUI (Graphic User Interface) android, dengan atribut yang diwakili oleh method. Sistem android kemudian menciptakan UI activity ketika di-load.

Baca Juga : Pengenalan AndroidManifest.XML

Cara termudah membangun UI adalah dengan menggunakan file XML statis, namun terkadang kita memerlukan UI yang dinamis saat aplikasi berjalan, oleh karena itu dimungkinkan pula menciptakan UI melalui kode program.

Komponen-komponen user interface pada android adalah sebagai berikut:

<ViewGroup>
Kumpulan view dimana kita dapat menentukan tata letak komponen view secara berbeda, seperti LinierLayout, RelativeLayout, FrameLayout, serta Tabulasi. Atribut dari ViewGroup ini biasanya terdiri dari

  • android.id Resource id, yang berisi variable unik dari element tersebut. 
  • android:layout_height dimensi value-nya (height) yang diikutinya dengan opsi “fill_parrent” atau “wrap_content”. 
  • android:layout_width dimensi value-nya (width) yang diikutinya dengan opsi “fill_parrent” atau “wrap_content”


<View>
Sama seperti <ViewGroup> tetapi <View> lebih dikenal dengan “individual UI component”, atributnya juga minimal terdiri dari tiga yang sama persis dengan atribut yang dimiliki oleh <ViewGroup>.

<requestFocus>
Element kosong yang bisa kita definisikan didalam <view>.

<include>
Memasukkan file layout kedalam layout. Atributnya sama dengan <ViewGroup> dan <view> tetapi ada satu tambahan atribut yaitu <resource> yang berfungsi untuk menentukan file layout-nya.
Itulah beberapa urain mengenai komponen-komponen yang terdapat pada user interface (UI). Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadikan referensi untuk anda.

Ciao,
OpODab,

pengenalan user interface android, UI android, penjelasan view, view group.

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.