Pengenalan Alert, Toast, ListView, Dan TabView Pada Pemrograman Android

OpO ~ Pengenalan Alet, Toast, ListView, Dan TabView Pada Pemrograman Android
OpO ~ Pengenalan Alet, Toast, ListView, Dan TabView
Pada Pemrograman Android
Ciao,

OpODab.com – Artikel kali ini adalah mengenai alert, toast, listview, dan tabview pada pemrograman android. Dalam artikel ini mengenalkan tentang alert, toast, listview, dan tabview. Yang pertama akan kita bahas adalah alert kemudian diteruskan dengan pembahasan toast, kemudian listview, dan tabview.

Alert
Alert dialog adalah salah satu dialog yang sering di tempatkan pada aplikasi android. Alert dialog ini dapat digunakan untuk menampilkan dialog error, dialog seleksi, dialog konfirmasi serta masih bannyak lagi lainnya.

Untuk membuat alert dialog, kita dapat mengkonfigurasi pesannya, title, dan icon-nya menggunakan AlertDialog.Builder. Berikut penulisan pernyataan alert dialog:

AlertDialog.Builder alert = new AlertDialog.Builder(context);
alert.setTitle("Judul");
alert.setMessage("Pernyataan Pesan");
alert.setIcon(drawable);
alert.setPositiveButton(“Teks Button”, DialogInterface)

Toast
Toast merupakan sebuah class yang digunakan untuk menampilkan pesan/peringatan pada android (mirip dengan alert box, message box, dll). Pesan ini hanya tampil sebentar kemudian dengan durasi waktu yang telah kita tentukan sebelumnya.


Berikut penulisan pernyataan toast:

Toast pesan=Toast.makeText(context, text, durasi).pesan.show();

Keterangan dari syntax diatas adalah:
  • Context, variable ini berisi aplikasi/activity yang sedang menjalankan proses.
  • Text, variable ini berisi pesan yang akan kita tampilkan.
  • Durasi, variable ini berisi durasi waktu dari pesan yang akan kita tampilkan.
  • Metode show() digunakan untuk menampilkan toast.

Durasi waktu penampilan toast terdiri dari 2 macam, yaitu:

  • LENGTH_LONG, durasi ini berarti akan menampilkan pesan untuk jangka waktu yang lama.
  • LENGTH_SHORT, durasi ini berarti akan menampilkan pesan untuk jangka waktu yang singkat.

 Kedua durasi diatas waktunya ditentukan oleh sistem android.

List View
ListView merupakan menu yang paling sering digunakan dalam membuat berbagai aplikasi android. ListView merupakan sekumpulan list (daftar) data yang ditampilkan dan dapat di scrool secara vertical. Inti dari membuat ListView adalah menampung daftar data ke dalam array, kemudian di masukkan ke adapter  dari widged listView.


Tab View
Menu tabView adalah menu yang berbentuk tabel dengan pengelompokan halaman sesuai dengan tabel menu di atasnya. Menu ini banyak dipakai untuk menghemat tempat pada tampilan aplikasi dengan sistem menampilkan atau menutupi halaman tabel sesuai dengan tabel menu diatasnya.

Jadi jika kita mengklik menu diatasnya maka tabel yang akan muncul adalah halaman tabel yang dibuat sesuai dengan menu tabel diatasnya, dan jika kita mengklik menu tabel yang lain maka yang akan muncul adalah halaman tabel yang bersesuaian namun tetap pada satu tempat itu.


Itulah beberapa penjelasan singkat tentan alert, toast, listview, dan tabview pada pemrograman android. Semoga informasi ini dapat memberikan inspirasi dan bermanfaat untuk anda.

Ciao,
OpODab,

pengenalan dan penjelasan alert, toast, list view dan tab view pada pemrograman android.

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.