Cara menghapus spasi dan enter dengan menggunakan notepad++

how to remove space and enter with notepad++
Cara menghapus spasi dan enter dengan menggunakan notepad++
OpODab.com - Hai sobat opodab semua, kali ini saya akan membagikan tips atau trik untuk menghapus line kosong dan spasi kosong agar tulisan tampak lebih rapat. Untuk lebih jelasnya apa itu spasi kosong (tab) dan enter ( Empty Line ) silahkan lihat contoh di bawah ini:

    A
   
    B
   
    C
   
    D
   
Dari contoh di atas kita akan mencoba merapatkan menjadi seperti di bawah ini

A
B
C
D

Jadi apakah sobat opodab sudah paham dengan apa yang saya maksudkan?

Mari lanjut ke pembahasan, sebelumnya mari kita perhatikan lagi contoh di atas, jika dalam satu file kita hanya terdapat 4 baris ( seperti contoh di atas ) tentu kita akan dengan mudah menggunakan fungsi tombol delete ataupun backspace pada keyboard, namun bagaimana jika dalam satu file terdapat ribuan baris? tentu akan sangat merepotkan bukan? Ok lanjut, yang pertama kita siapkan dulu alatnya yaitu menggunakan notepad++, sobat bisa download secara gratis di sini ().

kemudian kita buka file .txt kita yang akan kita edit. Jika file tersebut dalam format yang lain silahkan copy ke notepad dan simpan sebagai textfile (.txt). Kali ini saya akan membagikan triknya dengan 2 cara, sebagai berikut.

2 cara menghapus spasi dan enter menggunakan notepad++

1. Menggunakan Edit

Langkah pertama adalah blok semua tulisan dalam file tersebut dengan menekan tombol "CTRL + A" pada keyboard sobat, kemudian Kalian bisa klik menu Edit pada sebelah kanan atas kemudian pilih menu Line Operations dan kemudian pilih Remove Empty Lines ( Containing Blank Characters ). Langkah pertama sudah selesai, lanjut ke langkah kedua. Lalu bagiamana untuk menghapus spasi yang kosong? Masih menggunakan menu Edit (pastikan semua tulisan masih dalam kondisi terblok (CTRL+A), namun kali ini pilih menu Blank Operations dan kemudian pilih Trim Leading Space. Atau kalian dapat menggunakan (kondisi masih terblok "CTRL+A") tombol pada keyboard dengan menekan "SHIFT+TAB". OK trik pertama sudah selesai, lanjut ke trik kedua.

2. Mengunakan Menu Search

Mungkin cara pertama kurang cocok menurut sobat semua, silahkan coba cara kedua ini menggunakan menu pencarian. Langkah pertama silahkan klik menu Search yang terletak di sebelah kiri menu Edit, kemudian kalian pilih menu Find, dan akan muncul menu dialog baru. Pada menu dialog baru tersebut silahkan sobat pilih menu Replace, pada tab Fine What isikan dengan perintah "^\s*" tanpa tanda petik ya. Biarkan kosong pada bagian Replace With. Lihat kebawah ada option Search Mode dan pilih Regular expression. Langkah yang terakhir Pilih Replace All. Dan finally cara keudua juga sudah selesai.

Saatnya opodab berpamitan, dan semoga trik ini dapat menambah wawasan kita semua dan menambah ilmu yang bermanfaat juga bagi kita. Lebih jelasnya anda bisa lihat videonya di bawah. Untuk artikel lain yang mungkin bermanfaat untuk sobat opodab semua, silahkan gunakan menu pencarian yang sudah opodab siapkan juga di bagian kanan atas. Kritik dan saran selalu opodab nantikan agar dapat terus memberikan informasi yang bermanfaat bagi sobat opodab semua.



Ciao,
OpODab,