Mengatasi Error Launching Android Studio

OpO - Mengatasi Error Launching Android Studio
Resolved Error Launching Android Studio
Ciao,
Kali ini opodab ingin berbagi pengalaman ketika pertama kali install Android Studio pada windwos 7 x64. Sebelum install android studio di haruskan kita install JDK dengan minimum versi JDK6. Nah, dalam proses installasi JDK sebenarnya tidak ada masalah, namun ketika selesai install android studio terjadi error saat menjalankannya.

Muncul Error Launching Android Studio, seperti dibawah ini errornya :

“ The environment variable JAVA_HOME (with value of c:\Program Files\Java; C:\Program Files (x86)\Java;) does not point to a valid JVM installation. “

Dalam kasus di atas ada 2 point dalam penempatan java jdk, karena memang opodab menggunakan 2 JDK yang terletak pada  C:\Program Files\Java dan juga pada C:\Program Files (x86)\Java. Namun untuk android studio ini opodab ingin menggunakan yang berada pada C:\Program Files\Java karena memang pada folder itu sudah versi JDK7.

Untuk mengatasi hal diatas, perlu kita mengatasi melakukan PATH lagi terhadap JVM tersebut, atau lebih tepatnya mengarahkan JDK ke folder installasi JDK. Untuk mengarahkan ke folder tersebut ada 2 cara yang dapat di lakukan, yang pertama adalah menggunakan CMD dan yang kedua menggunakan Interface.

Tentunya kita lebih mudah bila menggunakan interface, untuk melakukan itu mari kita lakukan langkah langkah berikut :

1. Masuk pada Computer -> kemudian Klik Kanan -> dan Pilih Properties.
2. Maka akan muncul window baru, Lalu Pilih Advanced System Settings. Pada windows7 menu tersebut ada di tab sebelah kiri. 
3. Setelah Kita klik Advanced system settings akan muncul window baru lagi yang bernama System Properties, Pada bagian agak ke bawah ada tombol Environment Varibles, lalu kita klik tombol tersebut. 
4. Setelah kita pilih Environment Variables, akan muncul window baru lagi yaitu Environment Variables. Ada 2 tab disitu yang bisa kita setting, yaitu user variable dan  System Variable. Opodab pilih user variable karena memang yang saya butuhkan untuk salah satu user saja. 
5. Lalu kita cek apakah sudah ada variable untuk JAVA_HOME. Jika sudah ada coba kita edit dengan cara klik JAVA_HOME lalu Edit.
6.  Maka akan mucul jendela baru untuk edit variablenya. Pada Variable name tetap kita isikan JAVA_HOME dan pada variable value kita isikan folder sesuai dengan installasi JDK kita. Dalam hal ini opodab menginstal pada C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_67 maka pada variable value pun harus berisi C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_67. 
7. Kemudian jika sudah lalu klik OK sampai 3 kali (ada 3 window yang keluar).

Untuk memudahkan langkah-langkah setting variable JAVA_HOME diatas, anda dapat lihat video dibawah ini:
 

Sampai saat ini proses path java_home menggunakan interface sudah selesai. Namun dalam beberapa kasus terkadang kita harus merestart computer kita baru memulai menjalankan aplikasinya.
Note: Jika pada point 5 JAVA_HOME belum ada maka point 5 anda harus klik yang NEW bukan Edit.

Cara yang kedua untuk melakukan path JAVA_HOME dengan menggunakan CMD. Mari kita ikuti langkah langkah berikut: 

1. Yang pertama adalah kita buka CMD dengan cara tekan logo windows pada keybord bersamaan dengan huruf R pada keybord. 
2. Maka akan muncul window baru yaitu Run. Kemudian ketikkan cmd lalu enter. 
3. Akan muncul window baru yaitu cmd. Setelah itu kita lakukan pat dengan menuliskan perintah seperti berikut
setx JAVA_HOME “C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_67
Kemudian Enter.
4. Pada 3 tahap diatas seharus kita sudah berhasil menambahkan variable JAVA_HOME, jika tidak terjadi error. Namun untuk memastikannya, apakah sudah berhasil atau belum anda dapat mengeceknya dengan menuliskan perintah di bawah ini 

                 echo %JAVA_HOME% 
5. Maka akan muncul pemberitahuan yang menujukkan tempat dimana JDK terinstall.

Berikut video untuk langkah-langkah path JAVA_HOME dengan menggunakan CMD:


Itulah 2 cara yang dapat anda pilih untuk melakukan setting JAVA_HOME untuk mengatasi Error Launching Android Studio. Tak lupa opodab berharap informasi ini dapat berguna bagi anda. Jangan lupa tinggalkan komentarnya ya, atau ada yang mau mengkoreksi apakah langkah-langkah diatas ada yang kurang. Agar langkah langkh diatas bisa tepat dalam mengatasi Error Launching Android Studio ini.

Ciao,

OpODab.

Dalam artikel ini menjelaskan bagaimana mengatasi error lainching android studio. Indikasi errornya adalah "The environment variable JAVA_HOME does not point to a valid JVM installation."

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.