Pengenalan Database

OpO ~ Databases
OpO ~ Databases
Ciao,

Data merupakan fakta mengenai suatu objek seperti manusia, benda, peristiwa, konsep, keadaan dan sebagainya yang dapat dicatat dan mempunyai arti secara implisit. Data dapat dinyatakan dalam bentuk angka, karakter atau simbol, sehingga bila data dikumpulkan dan saling berhubungan maka dikenal dengan istilah basis data. Atau dalam arti lain Basis data atau databse adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat di periksa menggunakan suatu program untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.


Untuk mengelola database di perlukan suatu perangkat lunak yang disebut DBMS ( Database Management System ). DBMS merupakan suatu sistem perangkat lunak yang memungkinkan user untuk membuat, memelihara, mengontrol, dan mengakses database secara praktis dan efisien. Kelebihan dari DBMS antara lain adalah: 
  • Kepraktisan. DBMS menyediakan media penyimpan permanen yang berukuran kecil namun banyak menyimpan data jika dibandingkan dengan menggunakan kertas.
  • Kecepatan. Komputer dapat mencari dan menampilkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat.
  • Mengurangi kejemuan. Pekerjaan yang berulang-ulang dapat menimbulkan kebosanan bagi manusia, sedangkan mesin tidak merasakannya.
  • Update to date. Informasi yang tersedia selalu berubah dan akurat setiap.   
Sedangkan RDBMS ( Relationship Database Management System ) merupakan salah satu jenis DBMS yang mendukung adanya relationship atau hubungan antar tabel. Dalam model ini setiap field dapat dijadikan kunci data. Data rekaman disusun dari nilai yang berhubungan (record). Baris-baris ini akan membentuk tabel yang umunya tersimpan dalam satu berkas (file). Dengan menggunakan model ini, pencarian field dari suatu tabel atau banyak tabel dapat dilakukan dengan cepat. Pencarian atribut yang berhubungan pada tabel yang berbeda dapat dilakukan dengan menghubungkan terlebih dahulu tabel-tabel tersebut dengan menggunakan atribut yang sama (joint operation). 

Keuntungan yang didapat dengan menggunakan model ini adalah sebagai berikut [Waliyanto2000]: 
  • Model ini lebih luwes karena nilai data dalam tabel tidak ada pembatasan dalam berbagai proses pencarian data.  
  • Model ini mempunyai latar belakang teori matematika. 
  • Pengorganisasian model relasional sangat sederhana, sehingga mudah dipahami. 
  • Basis data yang sama biasanya dapat disajikan dengan lebih sedikit terjadi data rangkap (redudancy data). 
Beberapa software atau perangkat lunak DBMS yang sering digunakan dalam aplikasi program antara lain :
Table 
Tabel adalah tempat penyimpanan data secara logikal pada server.  Suatu tabel merupakan kumpulan data yang diorganisasikan ke dalam baris ( record ) dan kolom ( field ). Table tersebut tersimpan secara fisik pada filegroup data yang didefinisikan saat membuat table. Secara default tabel akan masuk ke dalam filegrup primary. 

Field 
Field merupakan kolom dari sebuah table. Field memiliki ukuran type data tertentu yang menentukan bagaimana data nantinya tersimpan. Field merupakan satuan data terkecil yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna. Misalnya data siswa terdiri dari NIS, Nama, Alamat, Telepon atau Jenis Kelamin. 

Record 
Field merupakan sebuah kumpulan nilai yang saling terkait. Istilah lain dari record adalah baris atau tupel. 

Key 
Key merupakan suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis, antara lain: 
  • Primary Key: Merupakan satu atribut atau satu set minimal atribut yang tidak hanya mengidentifikasikan secara unik suatu kejadian spesifik, tapi juga dapat mewakili setiap kejadian dari suatu entitas. Candidate key yang dipilih untuk mengidentifikasikan tuple secara unik dalam relasi. Setiap kunci candidate key punya peluang menjadi primary key, tetapi sebaiknya dipilih satu saja yang dapat mewakili secara menyeluruh terhadap entitas yang ada. 
  • Foreign Key: Atribut dengan domain yang sama yang menjadi kunci utama pada sebuah relasi tetapi pada relasi lain atribut tersebut hanya sebagai atribut biasa. Kunci tamu ditempatkan pada entitas anak dan sama dengan primary key induk direlasikan. 
  • Alternate Key: Merupakan candidate key yang tidak dipakai sebagai primary key atau Candidate key yang tidak dipilih sebagai primary key. 
  • Candidate Key: Suatu atribut atau satu set minimal atribut yang mengidentifikasikan secara unik suatu kejadian spesifik dari entitas. Atribut di dalam relasi yang biasanya mempunyai nilai unik. Satu set minimal dari atribut menyatakan secara tak langsung dimana kita tidak dapat membuang beberapa atribut dalam set tanpa merusak kepemilikan yang unik. 
Selain dari key diatas masih ada juga key yang lain seperti Composite Key, Super Key, dll. 

Sedikit pengenalan mengenai database ini. Mudah mudahan dapat memberikan referensi untuk para pembaca semua. Juga dapat sebagai refensei untuk OpODab sendiri.

Ciao,
OpODab,

pengenalan tentang database, kelibihan, dan kekurangan. pengertian table, field, record, key, dan beberapa jenis key

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.