Merancang Database


OpO - Tehnik Merancang Database
OpO ~ Merancang Database
Ciao,

Salam dari opodab, pembahasan kali ini mengenai database MySQL. Yaitu pembahasan tentang merancang sebuah database. Suatu database adalah sebuah sistem yang memudahkan untuk menyimpan, mengorganisasikan dan mengambil data besar. Umumnya database terdiri dari koleksi data yang sudah terorganisasikan untuk satu atau beberapa penggunaan, dan biasanya disimpan dalam bentuk digital / elektronik.

Merancang database merupakan hal yang pertama kali harus dilakukan sebelum membuat suatu aplikasi/website yan berbasis database. Pokok pemikiran dalam merancang database adalah bagaimana merancang database sehingga dapat memenuhi kebutuhan saat ini dan kemudahannya untuk dikembangkan dimasa yang akan datang.


Perancangan model konseptual perlu dilakukan disamping perancangan secara phisik. Pada perancangan konseptual, digunakan beberapa konsep pendekatan relasional namun  tidak berarti konsep ini harus diimplementasikan ke model relasional saja tetapi juga apat dengan model Hirarchi dan model Network.

Tugas merancang database adalah bagian dari tugas database administrator. Model konseptual mengkombinasikan beberapa cara untuk memproses data dan untuk beberapa aplikasi. Model konseptual tidak tergantung aplikasi tertentu dan tidak tergantung DBMS, Hadware yang digunakan.

Pada perancangan model konseptual tinjauan dilakukan pada struktur data dan relasi antar file menggunakan model dan relasional. Terdapat dua teknik dalam merancang database yaitu :

Teknik Normalisasi
Yang pertama adalah mengenai teknik normalisasi. Teknik normalisasi banyak digunakan terutama pemula karena mudah dipahami dan diaplikasikan. Beberapa dasar dasar normalisasi dapat dibagi sebagai berikut: 

  • Normal form (bentuk normal) adalah suatu klas dari skema database relasi yang didefinisikan untuk memenuhi tujuan dari tingginya integritas dan maintainability. 
  • Kreasi dari suatu bentuk normal disebut normalisasi. 
  • Normalisasi dicapai dengan penganalisaan ketergantungan diantara setiap individu attribut yang diassosiasikan dengan relasinya. 
Pembahasan mengenai teknik normalisasi lebih lengkapnya insyaallah akan opodab bahas dalam artikel selanjutnya. Sekarang kita lanjut pada teknik yang kedua.
 
Teknik Entity Relationship
Yang kedua adalah dengan menggunakan teknik relationship. Sumber awal data teknik perencanaan database dengan ER adalah data dictionary (kumpulan data). Berikut adalah beberapa langkah langkah yang dapat dilakukan dalam menggunakan teknik relationship untuk merancang database: 

  • Memilih kelompok atribut yang sama untuk dijadikan sebuah entitas dan menentukan primary key dengan syarat unik dan mewakili entitas. 
  • Menggambarkan Cardinality dari ER diagram berdasarkan analisa relasi yang didapat. Relasi yang terjadi dapat One to One, One to Many dan Many to Many relationship. 
  • Membentuk SKEMA DATABASE atau LRS (Logical Record Structure) berdasarkan ER diagram. 
    • Bila relasi One to One maka foreign key diletakkan pada salah satu dari 2 entitas yang ada atau menyatukan ke dua entitas tersebut. 
    • Bila relasi One to Many maka foreign key diletakkan di entitas yang Many.
    • Bila relasi many to many maka dibuat “file konektor” yang berisi 2 foreign key yang berasal dari kedua entitas. 
  • Membentuk tabel-tabel berdasarkan primary key yang terpilih dengan syarat sudah mencapai aturan normalisasi sekurang-kurangnya 3NF dari Skema DB/LRS yang ada.
Teknik ini juga sangat panjang jika dijelaskan. Untuk saat ini opodab sedikit saja pembahasannya ya. Insyaallah penjelasannya juga akan di lanjutkan pada artikel selanjutnya.

Itulah penjelasan untuk merancang database. Semoga artikel yang sangat singkat ini dapat menjadikan referensi untuk anda. 

Ciao,
OpODab,

merancang database, mysql, teknik normalisasi, teknik entity relationship, tehnik merancang database, langkah langkah merancang database, merancang database dengan erd

Label: ,

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.