Pengertian, Fungsi dan Cara untuk membuka task manager pada windows

opodab.com, Hai sobat opodab semua, kali ini opodab ingin membahas tentang task manager yang yang ada pada operating system komputer, maupun handphone. Namun kali ini opodab hanya akan membahas tentang task manager pada komputer atau operating sistem pada komputer. Lebih tepatnya adalah task manager pada windows 10. Mengapa opodab hanya membahas tentang task manager pada windows 10? jawabannya sederhana, yaitu karena saat ini opodab menggunakan operating sistem windows 10.

OK, langsung ke pembahasan pertama tentang pengertian dari task manager. 

Apa itu task manager? 

Task manager adalah sebuah aplikasi bawaan windows atau aplikasi yang disertakan pada sistem operasi yang menyediakan informasi rinci tentang kinerja komputer dan menjalankan aplikasi, proses dan penggunaan CPU, memberikan informasi muatan dan memori, statistik dan aktivitas jaringan, login pengguna, serta layanan sistem. Dengan kata lain Task manager adalah sebuah aplikasi task manager bawaan operating sistem windows yang biasa di gunakan untuk memonitoring proses dan aplikasi apa saja yang sedang berjalan pada suatu komputer, sehingga kita dapat medapatkan informasi apa saja mengenai resource yang digunakan oleh komputer kita. Ok, itulah pengertian dari task menager, mari kita lanjutkan menegenai fungsi dari task manager windows ini. 

Fungsi Windows Task Manager

Seperti yang telah opodab jelaskan di atas tentang pengertian task manager, juga memiliki beberapa fungsi. Fungsi task manager adalah sebagai berikut:

1. Aplikasi yang digunakan untuk melakukan pemantauan terhadap semua kegiatan dan proses pada komputer.

2. Aplikasi yang di gunakan untuk mengatur prioritas pada sebuah program yang sedang berjalan.

3. Aplikasi yang di gunakan untuk menghentikan paksa program yang tidak merespon, biasanya muncul peringatan Not Responding atau task manager juga dapat di gunakan untuk mematikan aplikasi yang berjalan pada background

4. Aplikasi yang di gunakan untuk memeriksa total penggunaan RAM dan CPU.

Itulah beberapa fungsi dari task manager yang dapat opodab sebut dan bagikan di sini. Selain pengertian dan fungsi task manager, opodab juga ingin memberikan informasi tentang bagaimana cara membuka task manager.

8 Cara membuka task manager

Ada beberapa cara untuk membuka task manager pada windows, 8 Cara untuk membuka task manager adalah sebagai berikut :

1. Menggunakan Menu konteks pada bilah tugas

Cara membuka task manager yang pertama adalah menggunakan menu konteks pada bilah tugas. Klik kanan pada ruang kosong di bilah tugas, kemudian pilih Start Task Manager (biasanya terletak di dekat bagian bawah menu konteks).

2. Menggunakan Menu Power User

Cara membuka task manager yang kedua adalah dengan menggunakan menu power user, biasanya terdapat pada windows 8 dan windows 10. Klik kanan tombol START di pojok kiri bawah layar, setelah muncul menu pilih task manager atau tekan tombol T. Dan task manager pun terbuka.

3. Menggunakan tombol pintasan

Cara membuka task manager yang ketiga adalah dengan menggunakan tombol pintasam pada keyboard. Untuk melakukannya tekan tombol Esc, Shift, dan tombol Ctrl secara bersamaan.

4. Menggunakan layar windows security

Cara membuka task manager ke-empat adalah menggunakan layar security windows. Untuk membuka layar windows security gunakan pintasan tombol pada keyboard dengan menekan tombom Ctrl, Alt, dan Del atau delete secara bersamaan. Setelah layar security windows muncul, kemudian pilih task manager atau start task manager.

5. Menggunakan fitur pencarian windows

Cara kelima untuk membuka task manager adalah dengan menggunakan fitur pencarian. Untuk melakukkannya bukalah fitur pencarian windows sesuai versi windows yang anda gunakan. Pada windows 10 klik tombol start pada kiri bawah layar pada bilah Cortana, atau gunakan tombol pada keyboard ( biasanya berlogo windows ). Setelah itu ketikkan task manager pada bilah pencarian / cortana, akan muncul menu dan pilih task manager.

6. Menggunakan kotak dialog RUN

Cara membuka task manager yang ke-enam adalah menggunakan kotak dialog RUN. Untuk menjalankan kotak dialog RUN ini gunakan pintasan tombol keyboard dengan menekan tombol berlogo windows dan huruf R secara bersamaan. Setelah kotak dialog muncul pada bilah dialog ketikkan taskmgr lalu pilih OK atau enter.

7. Menggunakan Baris Perintah ( Command Prompt )

Cara membuka task manager yang ke-tujuh adalah dengan menggunakan command prompt. Untuk membuka command prompt anda dapat menggunakan fitur pencarian seperti yang telah opodab jelaskan pada langkah ke-lima tentang cara membuka task manager. Setelah command prompt terbuka, kemudian masukkan perintah taskmgr lalu tekan enter.

8. Menggunakan File Explorer

Cara ke-delapan membuka task manager adalah menggunakan file explorer. Bukalah windows explorer, kemudian klik pada bilah alamat lalu masukkan alamat berikut %SystemDrive%\Windows\System32 kemudian tekan tombol enter pada keyboard. Setelah terbuka cari dan pilih file/aplikasi task manager yang bertuliskan TaskMgr.

Itulah 8 cara untuk membuka task manager pada windows ini.

Ok, cukup segini ulasan tentang task manager yang dapat opodab sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk teman teman semua, dan juga dapat menambah wawasan anda tentang task manager pada windows. Sampai ketemu pada artikel berikutnya ya.

Ciao,

OpODab