Belajar SEO untuk Pemula - Bagaimana memvalidasi kata kunci untuk SEO menggunakan Google Trends

opodab.com - Keyword Research - Dalam tutorial belajar SEO untuk pemula ini, Anda akan belajar bagaimana memvalidasi kata kunci menggunakan Google Trends. Anda dapat mengakses Google Trends dengan membuka google.com/trends. Buka menu lalu klik 'explore'. Sekarang mulailah menambahkan istilah pencarian satu per satu dari daftar kata kunci yang Anda pilih. Misalnya, izinkan saya mengetik 'chord gitar' dan tekan tombol enter. Sekarang klik bandingkan dan tambahkan istilah pencarian berikutnya. 

Biarkan saya masuk ke 'kunci gitar' dan tekan tombol enter. Demikian pula izinkan saya memasukkan semua kata kunci organik teratas yang kami temukan untuk chordindonesia.com. Tapi Anda hanya bisa membandingkan maksimal 5 kata kunci sekaligus. Namun, Anda dapat mengganti istilah penelusuran apa pun dengan yang lain kapan saja, yang memudahkan untuk mendapatkan perbandingan yang jelas.

Dari grafik 'minat dari waktu ke waktu', jelas terlihat bahwa 'kekasih bayangan chord' dan 'chord mungkin nanti' adalah 2 kata kunci yang layak. 3 lainnya memiliki lalu lintas yang sangat sedikit dibandingkan dengan keduanya. Ini disebut proses validasi kata kunci. Setelah Anda melakukan proses ini, Anda akan mengetahui kata kunci mana yang harus disimpan dalam daftar pendek Anda dan mana yang harus dihapus. 

Anda juga dapat mengubah kata kunci yang luas menjadi kata kunci ekor panjang menggunakan tren Google. Saya akan tunjukan kepadamu bagaimana caranya? Gulir ke bawah. Anda harus pergi ke kategori 'Meningkat' ini alih-alih 'Atas'. Karena di bawah kategori 'top' Anda mendapatkan kata kunci ekor panjang dengan tingkat kesulitan campuran, yaitu, tidak ada detail yang diberikan dalam hal kesulitan atau persaingan. Sedangkan di bawah kategori 'naik', Anda mendapatkan kata kunci ekor panjang yang sedang tren atau kata kunci breakout dengan persaingan rendah, yang lebih mudah untuk diberi peringkat dengan cepat. 

Seperti yang saya sebutkan, kata kunci ekor panjang 'kekasih bayangan chord' diubah menjadi kata kunci ekor panjang yang sedang tren 'chord kekasih bayangan felix'. Namun jika kata kunci yang anda cari tidak ada item dalam kategori rising atau top, yang berarti kata kunci tersebut sudah dalam bentuk terbaik sifatnya long tail. Sekarang izinkan saya mengganti kata kunci 'chord mundur alon-alon' dengan 'chord garis terdepan', dan yang terakhir dengan 'chord istana bintang' karena ini adalah kata kunci terakhir yang tersedia di daftar pendek kami untuk chordindonesia.com. 

Dalam hal ini, 'chord istana bintang' dan 'chord garis terdepan' layak, tetapi memiliki lalu lintas yang sangat sedikit dibandingkan dengan yang lain. Jadi setelah validasi, kita hanya mendapatkan 3 kata kunci dari 5 daftar. Kata kunc tersebut adalah 'kekasih bayangan chord', 'chord mungkin nanti', dan 'chord mundur alon-alon'. Jika Anda menulis artikel yang dioptimalkan untuk SEO dengan kata kunci yang telah diselesaikan ini, pasti Anda akan mencapai tempat teratas atau setidaknya di 3 tempat teratas dalam pencarian Google. 

Ini adalah taktik untuk masuk ke halaman depan Google, menggunakan kata kunci pelarian lalu lintas yang layak dan kompetitif rendah. Untuk konsolidasi, apa yang sudah kita lakukan sampai sekarang, pertama kita temukan 1 sampai 3 kompetitor secara manual menggunakan pencarian Google, Kemudian menggunakan alat Spyfu, Similarweb dan Alexa, kami memperluas daftar pesaing dari 3 menjadi sekitar 12. Dengan menggunakan Semrush dan web serupa, kami mengumpulkan kumpulan kata kunci organik teratas pertama dari 12 pesaing tersebut. 

Dengan menggunakan Spyfu dan alexa, kami mengumpulkan kumpulan kata kunci organik teratas kedua dari para pesaing Kami telah memilih kata kunci dan mengaturnya dalam perangkat lunak spreadsheet seperti Microsoft Excel. Dengan menggunakan tren Google, kami telah memvalidasi kata kunci yang masuk daftar dan menghapus kata kunci yang tidak layak. Akhirnya kami telah mengubah kata kunci yang luas menjadi kata kunci ekor panjang yang sedang tren atau kata kunci persaingan rendah dengan menggunakan tren Google. 

Setelah Anda menyelesaikan semua 7 langkah ini, Anda akan mendapatkan daftar divalidasi dari sekitar 50 - 60 kata kunci ekor panjang organik teratas. Dengan menggunakan kata kunci ini, Anda dapat mulai menulis artikel atau posting di situs web Anda satu per satu. Setelah Anda mencakup 50 hingga 60 kata kunci ini dengan 1 artikel untuk masing-masing kata kunci ini, Anda akan mendapatkan situs web lengkap dengan 50 hingga 60 artikel atau halaman. Bahkan, pada saat Anda menyelesaikan 60 artikel ini, pasti Anda sudah masuk ke halaman depan untuk 10 hingga 20 kata kunci. 

Pada tutorial belajar SEO untuk pemula berikutnya Anda akan belajar bagaimana menggunakan alat perencana Kata Kunci Google Adwords untuk menemukan kata kunci organik teratas dari halaman arahan tertentu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman semu dan dapat menambah wawasan dalam belajar SEO untuk pemula ini.

 

Ciao,

OpODab,