Pengenalan Perintah Dasar Linux Yang Sering Digunakan

OpO ~ Pengenalan Perintah Dasar Linux Yang Sering Digunakan
OpO ~ Pengenalan Perintah Dasar Linux 
Ciao,

OpODab.com – Kali ini opodab ingin share beberapa perintah dasar pada linux. Perintah dasar ini biasanya sering digunakan atau di tulis pada command line pada linux. Perintah-perintah dasar pada linux ini minimal harus anda ketahui jika anda ingin mulai belajar menggunakan linux. Perintah dasar apa saja itu, mari kita lanjutkan membacanya ke bawah:

Man
Man adalah perintah dasar linux untuk menampilkan suatu manual dari suatu perintah. Umumnya cara penulisan perintah ini adalah dengan menuliskan perintah man kemudian diikuti dengan perintah yang ingin diketahui penggunaannya. Misalnya adalah man dir. Perintah tersebut berguna untuk mengetahui manual dari perintah dir secara lengkap.

Apt-get
Apt-get adalah suatu perintah dasar linux yang digunakan untuk menginstala atau men-uninstall aplikasi pada sistem operasi linux. Atau dapat juga untuk mengupdate sistem operasi linux tersebut. Misalkan kita ketikkan apt-get update perintah tersebut digunakan untuk update operating system linux.

Kill
Kill adalah suatu perintah dasar linux yang sering digunakan untuk menonaktifkan suatu aplikasi yang berjalan. Dalam windows untuk menonaktifkannya anda dapat klik close dan juga anda dapat menonaktifkkannya melalui task manager kemudian pilih aplikasinya dan klik kill process.

Dalam linux anda dapat menonaktifkan suatu aplikasi yang berjalan biasanya dengan menuliskan kill <pid> <pid> anda ganti dengan nomor proses pada aplikasi yang berjalan. Namun jika anda tidak mengetahui id proses yang anda ingin nonaktifkan yang mana, anda dapat mencoba dengan menggunakan perintah ps aux | grep <username>.

Mkdir
Mkdir adalah perintah dasar linux untuk membuat sebuah directory atau folder. Umumnya penulisannya adalah mkdir coba. Artinya adalah kita akan membuat sebuah folder yang bernama coba.

Ls
Ls adalah sebuah perintah dasar linux yang digunakan untuk melihat isi dari sebuah directory atau folder. Umumnya hanya di tuliskan ls saja. Misalkan saat ini kita berada pada documents, dan folder coba, kemudian kita ingin mengetahui isi dari file coba maka penulisannya adalah sebagai berikut :
$ /home/Documents > $ ls

Mv
Mv adalah perintah dasar linux yang digunakan untuk memindahkan file yang berada disuatu lokasi ke lokasi yang lainnya. Hati hati menggunakan perintah ini. Jika argument yang kedua adalah sebuah nama folder maka file tersebut akan berpindah pada folder tersebut, namun jika argument yang kedua adalah sebuah file, maka file pertama akan menimpa file kedua.

Umumnya akan terjadi kesalahan jika anda memasukkan lebih dari dua argument, kecuali jika argument terakhir tersebut adalah sebuah folder atau directory.

Rm
Rm adalah perintah dasar linux yang digunakan untuk menghapus suatu file. Hati hati ya jika menggunkan perintah ini, untuk lebih jelasnya anda mungkin dapat mengetikkan rm –help untuk mengetahui option lain untuk menggunakan perintah rm.

Rmdir
Rmdir adalah perintah dasar linux yang fungsinya hamper sama dengan rm, namun perintah rmdir adalah perintah untuk menghapus sebuah directory atau folder.

Shutdown
Shutdown adalah perintah dasar linux yang digunakan untuk memerintahkan computer untuk mematikan sistemnya. Atau anda dapat menggunakan kombinasi keyboard dengan menekan tombol CTRL + ALT + DELETE.

WHO
WHO adalah perintah dasar linux yang digunakan untuk melihat siapa saja yang sedang online atau sedang aktif menjalankan program. Umumnya perintah ini akan menampilkan username, jenis terminal, waktu login, juga remote hostname untuk setiap user yang saat itu sedang login.

cp
cp adalah perintah dasar linux yang umumnya digunakan untuk meng-copy ­file. Misalanya jika anda ingin menyalin file coba.txt kemudian memberikan namanya coba2.txt maka perintah yang mungkin dapat anda gunakan adalah dengan mengetikkan perintah cp coba.txt coba2.txt.

Itulah beberpa informasi mengenai pengenalan perintah dasar pada operating system linux. Masih banyak lagi perintah dasar linux yang tidak opodab tulis disini, dan semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Saran dan kritik tetap kami harapkan yang dapat anda tuliskan pada kolom komentar, atau anda ingin menambahkan perintah lain anda juga dapat menuliskannya pada kolom komentar dibawah.

Ciao,

OpODab,

OpODab.com – Kali ini opodab ingin share beberapa perintah dasar pada linux. Perintah dasar ini biasanya sering digunakan atau di tulis pada command line pada linux. Perintah-perintah dasar pada linux ini minimal harus anda ketahui jika anda ingin mulai belajar menggunakan linux.

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.