Cara Menghemat Baterai Smartphone Android Anda

OpO ~ Cara Menghemat Baterai Smartphone Android Anda
OpO ~ Cara Menghemat Baterai Smartphone Android Anda
Ciao,

OpODab.com - Bukan rahasia bahwa smartphone terkenal dengan baterainya, terkenal cepat terkuras habis alias boros baterai. Smartphone dengan layar besar, AMOLED dan layar LCD sangat cepat menguras baterai anda. Tetapi apakah Anda tahu ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di belakang layar untuk mendapatkan hasil maksimal dari Android atau smartphone Anda.

Bagaimana Baterai Android Bekerja
Pertama, latar belakang: smartphone kebanyakan memiliki sebuah baterai Lithium Ion atau baterai Lithium Polymer. Keduanya Lithium Ion meskipun, dan dengan demikian, tidak memiliki 'memori', yang berarti Anda tidak perlu mengisi penuh atau melepaskan mereka di awal, dan pengisian parsial baik-baik saja sepanjang hidup mereka.

Perawatan baterai selalu terbuka untuk diperdebatkan, jadi untuk setiap tips dan trik yang diterima akan ada seseorang yang mengatakan tidak ada bedanya. Hanya menemukan orang-orang yang bekerja untuk Anda.

Menggunakan Wallpaper Hitam Dapat menghmat Baterai
Jika ponsel Anda memiliki layar AMOLED (seperti kebanyakan perangkat Samsung), menggunakan latar belakang berwarna gelap. Wallpaper hitam dapat menghemat baterai Anda karena layar AMOLED hanya menerangi piksel berwarna. Piksel hitam gelap, sehingga piksel lebih hitam yang Anda miliki, atau piksel lebih gelap, kurang baterai yang Anda butuhkan untuk menerangi mereka.


Doze
Dengan kedatangan Marshmallow datang dengan fitur baru yang disebut Doze, yang membantu Anda mendapatkan lebih banyak dari baterai perangkat Anda. Seiring dengan Google Now pada Tap, Doze adalah tambahan paling penting untuk Marshmallow. Hal ini diaktifkan secara default dan pada dasarnya memungkinkan perangkat Anda untuk masuk ke mode hibernasi ketika telah duduk tidak terpakai untuk jangka waktu lama.

Apa artinya adalah bahwa alih-alih telepon Anda kehilangan hingga seperempat hidup baterai saat Anda sendiri tertidur, telepon Anda sekarang mendapat istirahat juga, kehilangan hanya 3-5 persen hidup baterai pada malam hari.

Aplikasi tidak diwajibkan untuk menggunakan Doze, tetapi Anda dapat melihat aplikasi mana yang dilakukan dan tidak menggunakannya dalam pengaturan dan menghapus mereka sesuai, jika Anda ingin. Selain itu, Sony mengatakan pihaknya berencana untuk menggabungkan modus stamina sendiri ditingkatkan ke Marshmallow pada Sony Xperia Z5.

Gunakan Tema Gelap Dan Atur
Menggunakan lebih gelap app latar belakang / tema dan tema lebih gelap peluncur lanjut akan memperpanjang hidup baterai Anda (tetapi hanya jika perangkat Anda memiliki layar AMOLED). Versi pertama dari preview pengembang Android M memiliki tema gelap (yang kemudian dihapus). Ini bisa berarti hal-hal besar untuk seluruh sistem dukungan tema saham, jika kembali dalam rilis Android M final.


Jangan Gunakan Adaptif / Auto Brightness
Jangan menggunakan layar auto-brightness. Ini mungkin terdengar baik, tapi auto-brightness biasanya cara terang dari yang Anda benar-benar membutuhkan. Ini jauh lebih baik secara manual mengatur tingkat kecerahan yang super rendah yang masih nyaman, dan kemudian hanya menerangkannya saja bila diperlukan. Ini adalah salah satu cara utama untuk meningkatkan daya tahan baterai Anda dimana layar adalah salah satu pengisap baterai terbesar.

Pengaturan layar Dengan Batas Waktu Yang Pendek Dapat Menghemat Baterai
Mengatur tampilan layar Anda dengan batas waktu ke waktu yang sesingkat mungkin sangat praktis untuk Anda. Bayangkan, jika batas waktu layar Anda diatur ke menit, itu akan menggunakan empat kali jumlah daya untuk memilikinya, setiap kali Anda mengaktifkan layar Anda, daripada jika batas waktu Anda diatur ke 15 detik.

Studi melaporkan pengguna smartphone rata ternyata smartphone mereka pada 150 kali sehari, sehingga apa pun yang dapat Anda lakukan untuk membatasi frekuensi, akan membantu menjaga baterai Anda berjalan lebih lama.

Handphone Anda Tidak Harus Cerdas Setiap Waktu
Matikan fitur pintar seperti Air Gestuer, smart scrooling terutama jika Anda memiliki Samsung. Kecuali Anda benar-benar menggunakan fitur ini setiap hari, cara ini dapat menghemat baterai jika anda tidak menggunakannya.


Matikan getar dan haptic feedback untuk menghemat baterai
Matikan getaran. Kecuali Anda benar-benar membutuhkannya, misalnya jika anda di luar ruangan atau smartphone dalam kantong celana anda, matikan tanda getaran untuk panggilan masuk. Matikan haptic feedback juga (buzz Anda dapatkan dari mengetik pada keyboard). Tentu rasanya keren, tapi itu tidak benar-benar menambahkan sesuatu untuk pengalaman Anda, dan itu dapat menguras baterai Anda.

Gunakan Notifikasi Lock Screen
Pemberitahuan layar kunci juga dapat membantu menghemat baterai, terutama jika ponsel Anda memiliki layar AMOLED. Hal ini karena Anda dapat melihat pemberitahuan Anda sekilas tanpa harus mengubah seluruh layar Anda. Hal ini sangat berguna jika Anda mendapatkan banyak pemberitahuan yang tidak ingin Anda tindak lanjuti segera. Pemberitahuan layar kunci ada pada Android Lollipop.

Jika Anda menggunakan Android KitKat, coba gunakan widget layar kunci atau pemberitahuan jika ROM Anda mendukung mereka, atau menginstal sebuah aplikasi yang melakukannya untuk Anda seperti Dinamis Pemberitahuan.

Hanya menggunakan Baterai Asli
Hanya menggunakan baterai asli atau baterai produsen pihak ketiga yang terpercaya.

Gunakan Jadwal  pada 'Do Not Disturb’ atau 'sleep'
Set “sleep time”  atau “blocking mode” untuk mematikan Wi-Fi dan data ponsel ketika Anda tidak membutuhkan mereka. Jika telepon Anda sangat dilarang pada tempat kerja, mengatur perangkat agar tidak berdering, bergetar atau terhubung ke internet saat Anda sedang bekerja. Banyak ponsel mmiliki fitur do not disturb dibuat dengan tujuan ini.


Demikian juga, Anda dapat mengatur ponsel ke mode pesawat ketika Anda sedang tidur atau menggunakan sleep atau blocking mode untuk mengatur batas untuk apa telepon Anda tidak selama waktu tertentu dalam sehari, apakah itu saat Anda sedang tidur, di tempat kerja atau di pertemuan. Aplikasi seperti IFTTT membiarkan Anda membuat aturan yang dapat membantu Anda menghemat baterai juga.

Kenali pengaturan spesifik ROM yang di tawarkan. Anda juga dapat menggunakan aplikasi seperti Greenify memaksa aplikasi baterai memonopoli tertentu untuk hibernate ketika Anda tidak menggunakan mereka.

Anda tidak harus terus terhubung
Matikan GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi dan data ponsel setiap kali Anda tidak membutuhkan mereka. Mematikan data lokasi, atau mengubah pengaturan Lokasi Anda untuk menggunakan data Wi-Fi atau 3G daripada GPS bekerja dengan baik.

Hanya mengaktifkan Bluetooth dan NFC selama Anda membutuhkan mereka (meskipun ini mengkonsumsi daya yang sangat sedikit), dan tidak perlu untuk memiliki Wi-Fi dan data mobile diaktifkan setiap saat, terutama jika Anda tahu persis kapan Anda akan perlu satu atau yang lain.

Jika Anda menggunakan Wi-Fi banyak meskipun, mengatakan di rumah dan di tempat kerja, maka masuk akal untuk menjaga set Wi-Fi Anda untuk ”always on during sleep” karena ini menggunakan daya kurang dari memiliki menghubungkan kembali Wi-Fi Anda setiap kali Anda bangun ponsel Anda.


Jangan Terjebak Oleh Widget
Matikan widget Anda jika tidak benar-benar membutuhkan, terutama yang terhubung ke internet seperti widget cuaca. Jika Anda memiliki beberapa widget di beberapa layar home yang terus sinkronisasi dan memperbarui, seperti Twitter, reddit, cuaca, Gmail dan banyak lagi. Tekan saja aplikasi ketika Anda membutuhkannya.

Selalu Update Aplikasi Yang Anda Gunakan
Menjaga aplikasi Anda diperbarui. Ada pengembang alasan terus-menerus memperbarui aplikasi, dan banyak dari alasan ini adalah memori dan baterai optimasi. Menjaga aplikasi Anda diperbarui juga berarti Anda memiliki optimasi terbaik yang tersedia. Demikian juga, menghapus aplikasi lama yang tidak lagi digunakan, karena ini dapat menjalankan proses padalatar belakang yang memakan banyak ruang RAM dan daya tahan baterai.

Jelajahi Fitur Hemat Baterai Pada Smartphone Anda
Semua ROM, apakah itu Android, OEM UI seperti TouchWiz atau ROM kustom seperti CyanogenMod, memiliki berbagai pengaturan dalam menu untuk membantu melestarikan atau mengoptimalkan konsumsi baterai di sana-sini. HTC memiliki Ekstrim Power Saving Mode, Samsung memiliki Ultra Power Saving Mode, Sony memiliki modus STAMINA dan sebagainya. Cari berbagai pilihan untuk perangkat Anda dan ROM dan membuat mereka bekerja untuk Anda.

Gunakan Mode Hemat Baterai Anda
Bahkan jika ponsel Anda tidak memiliki lapisan fitur hemat baterai seperti beberapa (atau Anda hanya tidak ingin menonaktifkan begitu banyak fitur), setidaknya membuat penggunaan modus baterai saver dasar. Bahkan Android Lollipop memiliki secara default dan Android M memiliki fitur Doze besar untuk konsumsi baterai kurang saat ponsel Anda sedang tidur.

Jangan Terperangkap dengan Mode Auto-sync
Matikan auto-sinkronisasi untuk akun Google. Jika Anda tidak perlu setiap akun Google tunggal diperbarui setiap lima belas menit, hanya pergi ke Pengaturan dan akun Google dan mematikan auto-sync untuk aplikasi tersebut Anda tidak perlu terus diperbarui.

Beberapa aplikasi - seperti email - membiarkan Anda menyegarkan manual ketika Anda memulai mereka, daripada beberapa kali sepanjang hari ketika Anda tidak membutuhkan mereka untuk. Hal yang sama berlaku untuk Twitter, reddit dan co. Kecuali Anda perlu update konstan atau pemberitahuan push (seperti Facebook atau kalender) hanya sync ketika Anda benar-benar menggunakan app.


Update Secara Manual Aplikasi Anda
Jika Anda khawatir tentang melestarikan hidup baterai, hal terakhir yang Anda ingin lihat adalah mematikan update otomatis pada seluruh aplikasi. Anda dapat mengelola aplikasi auto-update Anda dalam pengaturan Play Store atau secara individual untuk setiap aplikasi.

Matikan Google hotwords
Menghentikan telepon dari selalu mendengarkan. "Ok Google" pencarian suara Google adalah fitur fantastis dan sering sangat fungsional. Masalahnya adalah bahwa hal itu bisa bermain malapetaka dengan baterai Anda. Terutama jika Anda tidak benar-benar menggunakannya atau hanya menggunakannya sesekali.

Pergilah ke "Pengaturan Google" dari laci aplikasi Anda dan tekan "suara" pos. Pada halaman berikutnya, pilih Ok Google Detection. Dalam menu ini, pilihan terbaik untuk hidup baterai adalah tidak mencentang semua kotak, tetapi jika Anda adalah penggemar dari "Ok Google", centang hanya kotak "Dari aplikasi Google" untuk memastikan perangkat Anda hanya mendengarkan saat Anda berada di aplikasi Google.

Jangan terlalu terobsesi dengan smarphone anda
Hal ini mungkin terdengar aneh, tapi karena layar adalah pengisap baterai terbesar pada setiap Android, tidak menyalakan telepon Anda pada sebanyak adalah hal terbaik untuk baterai Anda. Saya tidak mengatakan untuk tidak pernah memeriksa telepon Anda, tetapi apakah Anda benar-benar harus memeriksa setiap sepuluh menit? Mungkin tidak. Cobalah untuk latihan menahan diri sedikit sepanjang hari dan menonton hidup baterai Anda tumbuh.

Itulah beberapa tips untuk menghemat baterai smartphone anda. Dan semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, selalu gunakan form pencarian yang opodab sediakan untuk mencari informasi lain di sini.

Ciao,

opodab.com - Cara menghemat baterai Android anda dengan metode paling simpel namun dengan hasil optimal, Cara menghemat baterai android merupakan tips yang paling banyak di cari karena baterai boros.

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.