Cara Mengatasi Komputer Atau Laptop Yang Lemot

OpO ~ Cara Mengatasi Komputer Atau Laptop Yang Lemot
OpO ~ Cara Mengatasi Komputer Atau Laptop Yang Lemot
Ciao,
OpODab.com – Kali ini opodab ingin share beberapa tips untuk mengatasi komputer anda yang lemot.  Ya, hal ini sering terjadi pada banyak pengguna desktop atau laptop. Tidak peduli seberapa baik Anda merawat laptop ini, dari waktu ke waktu akan terasa semakin lambat. Cara untuk mengatasi laptop lemot atau komputer yang lemot akan coba opodab jelaskan dibawah ini

Ada banyak penyebab laptop atau komputer menjadi lemot, hal ini terjadi, selain hardware yang menua. Dengan asumsi tidak ada masalah kekurangan memori, hard drive, dan semacamnya, ada cara untuk membuat laptop berjalan lancar seperti Anda pertama kali membelinya. Berikut cara mudah mengatasi laptop lemot, seperti dilansir dari Cheat Sheet.

Pastikan semuanya up to date

Cara mengatasi laptop yang lemot yang pertama adalah menjaga agar semua software up to date. Anda mungkin tidak suka mendengar poin satu ini, mungkin karena update software biasanya membutuhkan koneksi internet yang stabil. Instal aplikasi dan sistem operasi yang update benar-benar akan meningkatkan kinerja. Tidak hanya itu, update ini bisa membuat laptop Anda juga lebih aman.


Update aplikasi dan sistem ini juga akan menutup kemungkinan orang jahil yang selama ini menyalahgunakan sistem tersebut. Ketika sudah update, Anda juga pasti akan senang jika ada fitur baru atau perbaikan bug yang selama ini Anda keluhkan. Anda bisa datang ke tempat WiFi murah atau gratis jika update ini memerlukan koneksi internet yang cukup lama dan harus stabil.

Gunakan CCleaner untuk membersihkan

Cara mengatasi laptop yang lemot yang kedua adalah membersihkan sampa, chace dan temporary file ataupun sejenisnya. CCleaner adalah salah satu aplikasi yang bisa membersihkan semua sampah yang menumpuk dari waktu ke waktu. Salah satu manfaatnya adalah aplikasi ini bisa membersihkan registry PC untuk membuat boot dan beroperasi lebih cepat.

Setiap kali Anda instal dan uninstall aplikasi, informasinya akan dicatat di registry ini. Sementara itu, informasi yang tidak perlu harus dibersihkan rutin setiap bulan agar menjaga komputer Anda tetap baik.

Untuk pengguna Apple, registry ini memang tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi cookies, cache browser, dan beberapa yang lain juga tetap harus dibersihkan rutin.

Reboot sistem operasi

Cara mengatasi laptop yang lemot yang ketiga adalah me-reboot ulang sistem operasi anda. Anda mungkin sering membiarkan laptop Anda dalam keadaan Hibernate atau mode Sleep. Jangan terlalu sering membiarkan laptop Anda tidak dimatikan. Merestart komputer adalah cara yang paling mudah untuk mengatasi komputer anda yang lemot. Ketika Anda matikan laptop, dan menyalakan kembali, Anda bisa mengatasi masalah kecil, seperti jaringan, grafis, program yang rusak, dan mungkin juga kinerja.


Hal ini bisanya karena manajemen sumber daya desktop atau PC. Reboot akan menghapus bersih, dan membuat sistem fresh dan bisa memulainya dari awal. Ini juga berlaku untuk semua perangkat, termasuk smartphone, tablet, router, dan bahkan konsol game.

Jika Anda tidak mempunyai banyak penyimpanan file, Anda sepertinya harus manajemen penyimpanan laptop secara pintar. Jika hard drive utama sudah mencapai 80 persen, mungkin sudah saatnya untuk menghapus file lama, uninstal aplikasi yang jarang dipakai, atau memindahkannya ke penyimpanan lainnya.

Hal ini bisa mempengaruhi jumlah data yang disimpan di hard drive Anda. Fragmentasi file sebenarnya penyebab dari banyak masalah, tetapi hal ini bisa diatasi dengan menjalankan program defrag yang direalokasi data pada hard drive.

Drive yang penuh juga membuat cache yang sering berada di drive utama sistem operasi. Ini bisa menyebabkan laptop lamban ketika komputer mencoba untuk mengakses dua data yang tersimpan pada drive dan partisi cache.

Membebaskan ruang hard drive

Cara mengatasi laptop yang lemot yang keempat adalah membershkan hard drive anda, ini dimaksudkan adalah menghapus file yang sudah tidak terpakai. Jika Anda tidak mempunyai banyak penyimpanan file, Anda sepertinya harus manajemen penyimpanan laptop secara pintar, karena ini adalah salah satu penyebab komputer lemot. Jika hard drive utama sudah mencapai 80 persen, mungkin sudah saatnya untuk menghapus file lama, uninstal aplikasi yang jarang dipakai, atau memindahkannya ke penyimpanan lainnya.


Hal ini bisa mempengaruhi jumlah data yang disimpan di hard drive Anda. Fragmentasi file sebenarnya penyebab dari banyak masalah, tetapi hal ini bisa diatasi dengan menjalankan program defrag yang direalokasi data pada hard drive.

Drive yang penuh juga membuat cache yang sering berada di drive utama sistem operasi. Ini bisa menyebabkan laptop lamban ketika komputer mencoba untuk mengakses dua data yang tersimpan pada drive dan partisi cache.

Periksa spyware, malware, atau virus

Cara mengatasi laptop yang lemot yang kelima adalah memeriksa spyware, malware, ataupun virus. Anda bisa saja tidak instal antivirus di laptop Anda karena sekarang ada layanan host di internet. Meski begitu, Anda sebaiknya tetap cek secara berkala malware, spyware, atau virus dengan antivirus.

Ketiga hal tersebut mudah masuk ke laptop, terutama jika Anda instal banyak program dan aplikasi yang sifatnya gratis. Anda bisa memilih antivirus yang baik dan tetap update aplikasi tersebut secara berkala.


Itulah beberapa tips dan trik mengenai cara mengatasi komputer / laptop yang lemot. Dan semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda. 

Cioa,

OpODab,

OpODab.com – Kcara mengatasi komputer yang lemot, cara mengatasi laptop yang lemot. Penyebab Laptop lemot, penyebab komputer lemot

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.