Mengenal Apa Itu Google Sandbox

OpO ~ Pengenalan Google Sandbox
OpO ~ Google Sandbox Checker
Ciao,

OpODab.com - Kali ini opodab akan berbagi informasi mengenai google sandbox. Mungkin para blogger yang sudah berpengalaman akan tau apa itu sandbox. Tapi bagi opodab ini adalah hal baru yang baru opodab ketahui. Oleh karena itu opodab ingin share informasi mengenai google sandbox itu sendiri.

Apa itu google sandbox?

Google sandbox adalah tindakan dari search engine google yang akan menggeser index artikel blog atau website kita ke peringkat yang paling jauh. Bahkan lebih parahnya lagi artikel blog atau website kita tidak akan terindex oleh search engine google. Dan bisa di bilang google sandbox ini sangat berbahaya bagi perkembangan blog atau website kita. Tindakan ini adalah salah satu pinalti dari google search engine.

Google sandbox sendiri terbagi menjadi 2 kategori. Kategori pertama adalah sandbox terhadap suatu blog atau website atau url pada homepage yang otomatis artikel artikelnya terkena pinalti oleh google. Kategori yang kedua adalah sandbox yang hanya menyerang pada beberapa artikel saja, atau pada beberapa url saja. Untuk kategori yang kedua ini biasanya terjadi pada artikel yang terlalu banyak dilakukan optimasi.


Optimasi ini bisa on page dan off page. Karena terlalu banyak optimasi secara otomatis search engine google menganggap bahwa artikel atau url tersebut adalah spam. Kenapa di anggap spam?  Karena terlalu banyak optimasi pada sebuah artikel ini di anggap tindakan yang tidak wajar, sehingga akan di anggap kegiatan sebagai spam. Biasanya ini di tandai dengan menurunnya page view dan peringkat dan index dan berakhir pada tidak terindexnya artikel tersebut.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui url blog atau artikel kita terkena sandbox?

Untuk mengetahui itu anda dapat mengeceknya pixelgroove.com. Anda tinggal memasukkan alamat url artikel atau blog yang ingin anda check apakah terkena pinalti atau tidak dari google sandbox. Jika url yang anda masukkan terhindar atau bebas dari pinalti tersebut maka anda akan melihat tulisan atau pesan seperti pada gambar di atas.

Apa penyebab terkena google sandbox? 
Setelah kita mengetahui pengertian dan dampak dari pinalti ini mari kita simak penyebab dari dampak tersebut yang opodab ringkas dari berbagai sumber.



Yang pertama adalah optimasi yang berlebihan. 
Optimasi ini yang dimaksut adalah seperti yang di jelaskan di atas, bisa optimasi on page dan off page. Atau dapat juga di karenakan terlalu banyak keyword pada sebuah artikel yang mengakibatkan di anggap spam.


Yang kedua adalah pencurian artikel.
Pencurian artikel adalah artikel yang kita copy tanpa ijin pada artikel orang lain dan kemudian kita pastekan pada blog atau website kita tanpa kita kita pelajari dan edit terlebih dahulu. Ini yang membuat blog kita susah terindeks oleh google search engine. Opodab sendiri pun pernah mengalami ini.

Yang ketiga adalah terlalu banyak backlink.
Backlink yang dimaksut disini adalah jika pada suatu waktu atau setiap saat terlalu banyak backlink yang masuk ke blig atau website kita secara berlebihan. Hal ini juga menjadi penyebab dari pinalti atau google sanbox tersebut. Karena terlalu banyak backlink yang berlebihan pun juga dapat di anggap spam oleh google.

Yang keempat adalah terlalu sering ping atau submit url.
Google sendiri sangat tidak menyukai proses ping dan submit url yang berlebihan. Cukuplah anda submit url jika anda mempunyai artikel baru. Opodab menyarankan jangan mensubmit artikel yang sama setiap hari,  karena hal inipun dapat di anggap spam.


Yang kelima adalah pengulangan kata atau keyword yang terlalu banyak.
Ini sama dengan penjelasan penyebab yang pertama tentang terlalu banyak optimasi. Dalam hal ini adala optimasi on page yang bertujuan untuk meningkatkan index pada artikel tersebut. Hal ini juga dapat di anggap spam.

Itulah beberapa penyebab terkena pinalti pada artikel ataupun blog kita. Jika teman-teman opodab merasa melakukan 5 hal di atas, saya sarankan untuk segera menguranginya agar tidak di anggap spam dan pada akhirnya terkena pinalti dari google sandbox.

Lalu apakah dapat kita keluar dari jebakan google sandbox?
Mari kita simak penelusuran berikutnya. Merujuk dari penyebab terkena pinalti maka dapat di simpulkan juga untuk keluar dari pinalti ini adalah.

Yang pertama lakukan update posting.
Update posting ini di lakukan pada artikel yang terkena pinalti. Update ini bertujuan agar artikel kita beda dari sebelumnya, ubahlah seperlunya sehingga terlihat ada perbedaan kalimat tapi tidak merubah arti dan tujuan artikel tersebut.

Yang kedua adalah submit ulang artikel.
Setelah kita edit artikel tersebut kemudian submit ulang agar cepat di review oleh google crawl. Anda dapat mensubmit ulang pada google submit url. Dan ingat jangan berlebihan.

Yang ketiga adalah mempelajari panduan google webmaster tools.
Ini adalah cara ampuh agar kita terhindar dari pinalti google. Jika kita paham dan mengerti arahan dari google webmaster dan bersedia untuk menerapkannya maka kitapun akan terhindar dari pinalti ini. Maka pelajarilah pedoman webmaster yang di sediakan oleh google.

Yang keempat adalah kurangi durasi mencari backlink atau optimalisasi.
Jika anda merasa terlalu banyak backlink dalam saat tertentu maka tidak ada salahnya jika kita berhenti sejenak agar kita terhindar dari pinalti google sandbox ini.

Baca Juga : Posting Review

Itulah pengenalan mengenai google sandbox yang dapat opodab sampaikan ke teman-teman semua. Semoga dapat menjadi inspirasi dan bermanfaat untuk pengunjung semua. Dan berikanlah komentar pada form yang telah di sediakan agar dapat membantu opodab dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk teman-teman semua.

Ciao, 
OpODab,

Pengenalan google sandbox, dampak, penyebab dan cara keluar dari google sandbox

Label: ,

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.