Pengenalan Router, Switch, Hub, Dan Network Interface Card

OpO ~ Perangkat jaringan komputer sepert switch, router, hub, nic.
OpO ~ Perangkat Jaringan Komputer
Ciao,

OpODab.com – Hai, kali ini opodab ingin berbagi informasi yang masih berhubungan dengan artikel sebelum nya tentang jaringan komputer. Ada beberapa hardware yang sering di gunakan pada jaringan komputer. Opodab ingin coba mengenalkan beberapa hardware tersebut seperti NIC (Network Interface Card), router, switch, dan hub. Mari kita simak pembahasan 4 hardware seperti yang terlah di sebutkan di atas.

Network Interface Card

NIC (Network Interface Card) atau kartu antarmuka jaringan atau kartu jaringan merupakan peralatan yang memungkinkan terjadinya hubungan antara jaringan dengan komputer workstation atau jaringan dengan komputer server. NIC (Network Interface Card) berfungsi untuk menghubungkan antara computer dengan kabel jaringan yang terpasang secara fisik. Pemasangan card ini dihubungkan pada slot ekspansi dalam komputer baik slot ISA (Industry Standard Interconnect) maupun slot ekspansi PCI (Peripheral Component Interconnect) bahkan pada beberapa motherboard komputer NIC (Network Interface Card) sudah terpasang secara onboard.


Router

Router adalah perangkat yang dapat digunakan untuk menghubungka­­n dua jaringan local yang mempunyai protocol sama pada lapisan jaringan OSI (Open System Interconnection) sedangkan protocol pada lapisan fisik  dan link berbeda. Jadi fungsi utama router digunakan untuk pengiriman data jika terdapat perbedaan dalam beberapa bagian protokol. Perbedaan dari beberapa bagian protokol ini terjadi pada hubungan antar jaringan LAN dengan LAN dalam suatu WAN (Wide Area Network). Router ini menghubungkan antar LAN (Local Area Network) tersebut.

HUB

­­­Hub merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam jaringan komputer, Hub sangat mempengaruhi proses koneksi antar komputer sehingga jika Hub mengalami kerusakan maka seluruh jaringan komputer akan terputus dan terganggu. Hub berfungsi sebagai peragkat keras penerima sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik pusat yang menghubungkan ke seluruh komputer dalam jaringan tersebut. Hub juga berperan sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambung.

SWITCH

Switch adalah perangkat telekomunikasi yang menerima pesan dari perangkat yang terhubung dengannya dan kemudian mengirimkan pesan hanya untuk perangkat yang pesan dimaksud atau sebagai sentral/konsentrator pada sebuah network, switch juga mempunyai fungsi dan bentuk yang hampir sama dengan Hub. Switch jaringan memainkan peran integral dalam kebanyakan jaringan area lokal yang modern Ethernet (LAN). Mid-to-LAN berukuran besar mengandung sejumlah switch dikelola terkait. Kantor kecil / rumah kantor (SOHO) aplikasi biasanya menggunakan switch tunggal, atau semua tujuan-perangkat konvergensi seperti residental gateway untuk mengakses layanan broadband kantor kecil / rumah seperti DSL atau internet kabel.

Ciao,

OpODab,

Pengenalan dan pengertian beberapa pernagkat jaringan komputer seperti router, switch, hub, dan network interface card (nic) yang sering di gunakan.

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.