Tipe Tabel Dan Kolom Pada MySQL



OpO ~ Tipe tabel dan kolom pada MySQL
OpO ~ Tipe tabel dan kolom pada MySQL
Ciao,

Kali ini opodab ingin melanjutkan tentang dasar MySQL. Dan dalam pembahasan ini opodab ingin membahas tentang beberapa tipe tabel dan beberapa tipe kolom (field) pada MySQL. Salah satu kelebihan dari MySQL adalah Anda dapat mendefinisikan tipe untuk tiap tabel.
MySQL mendukung beberapa tipe tabel, tergantung konfigurasi saat proses instalasi MySQL.

MySQL memiliki 3 (tiga) tipe data utama, yaitu MyISAM, InnoDB dan HEAP. Jika kita tidak menyebutkan tipe tabel saat membuat tabel, maka tipe tabel otomatis akan dibuat sesuai konfigurasi default server MySQL. Hal ini ditentukan oleh variabel default-table-type di file konfigurasi MySQL.

Tipe Tabel Pada MySQL


MyISAM
Tipe tabel MyISAM merupakan tipe tabel yang sederhana, stabil dan mudah digunakan. Jika kita akan menyimpan data sederhana yang tidak terlalu rumit, maka gunakanlah tipe tabel ini. Kelebihan utama MyISAM adalah kecepatan dan kestabilannya. Jika kita memilih tipe tabel MyISAM, maka MySQL secara otomatis akan menentukan salah satu dari tiga jenis tabel MyISAM, yaitu :

  • MyISAM static. Jenis ini digunakan ketika semua kolom dalam tabel didefinisikan dengan ukuran yang pasti (fixed). Dengan kata lain, tidak ada kolom yang memiliki tipe seperti VARCHAR, TEXT dan BLOB. Karena sifatnya yang fixed, maka jenis ini akan lebih cepat, aman dan stabil. 
  • MyISAM dymanic. Jenis ini digunakan ketika terdapat kolom dengan tipe yang dinamis, seperti tipe kolom VARCHAR. Keuntungan utama dari jenis ini adalah ukuran yang dinamis. Jadi sifatnya lebih efektif karena ukuran data (file) menyesuaikan isi dari masing-masing kolom (field). 
  • MyISAM Compressed. Kedua jenis MyISAM, static dan dynamic dapat dikompresi menjadi satu jenis yaitu MyISAM Compressed dengan perintah myisamchk. Tentunya hasilnya lebih kecil dari segi ukuran. Tabel yang terkompresi tidak dapat dikenakan operasi seperti INSERT, UPDATE dan DELETE.

InnoDB
Tipe tabel InnoDB merupakan tipe tabel MySQL yang mendukung proses transaksi. Tipe ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain:
Mendukung transaksi antar tabel.
Mendukung row-level-locking.
Mendukung Foreign-Key Constraints.
Crash recovery.

HEAP
Tabel dengan tipe HEAP tidak menyimpan datanya di hardisk, tetapi menyimpan di RAM (memori). Tipe tabel ini biasanya digunakan sebagai tabel sementara (temporary). Tabel secara otomatis akan dihapus (hilang) dari MySQL saat koneksi ke server diputus atau server MySQL dimatikan. 

Tipe Tabel yang Lain Selain 3 (tiga) tipe tabel diatas, yaitu MyISAM, InnoDB dan HEAP, MySQL juga mendukung tipe tabel yang lain, yaitu:
BDB. Tipe tabel ini mirip tipe tabel InnoDB, namun penggunaannya belum maksimal.
Archieve. Tipe ini tersedia sejak MySQL versi 4.1. Tipe ini digunakan untuk menyimpan tabel yang terkompresi, dimana biasanya digunakan dalam proses backup.
CSV. Tipe ini digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk file text yang dibatasi dengan koma (delimiter). Tipe ini tersedia sejak MySQL versi 4.1.
NDB Table (MySQL Cluster). Tersedia sejak MySQL versi 4.1.
Federated (External Tables). Tipe ini tersedia sejak MySQL versi 5.0.

Tipe-tipe Kolom ( Field ) Pada MySQL

MySQL memiliki cukup banyak tipe data untuk field (kolom) tabel. Tipe field (kolom) ini menentukan besar kecilnya ukuran suatu tabel. Tipe field di MySQL setidaknya terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu numerik, string, date-andtime, dan kelompok himpunan (set dan enum). Masing-masing tipe field memiliki batasan lebar dan ukurannya.

Data yang tersimpan pada tabel bisa bermacam-macam. Untuk itu kita mendifinisikan data tipe dari kolom-kolom pada tabel sesuai dengan data yang akan dimasukkan. Data tipe sangat beragam mulai dari char, varchar, datetime, numeric, decimal, dll. Untuk membuat tabel kita harus mendifinisikan kolom-kolom terlebih dahulu, data seperti apa yang akan masuk ke kolom tersebut. Karena hal ini penting untuk menentukan data tipe apa yang akan didefinisikan pada kolom tersebut. Kita bisa memanfaatkannya untuk mengurangi space yang ada pada server.

Numerik
Tipe data numerik digunakan untuk menyimpan data numeric (angka). Ciri utama data numeric adalah suatu data yang memungkinkan untuk dikenai operasi aritmatika seperti pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

String
Tipe data string digunakan untuk menyimpan data string (text). Ciri utama data string adalah suatu data yang memungkinkan untuk dikenai operasi aritmatika seperti pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Date And Time
Tipe data date dan time digunakan untuk menyimpan tipe data tanggal dan waktu.

Sementar itu dulu yang dapat opodab sampaikan mengenai tipe tabel dan kolom pada MySQL. Masih banyak lagi sebenarnya pembahasannya namun karena artikelnya kepanjangan jadi di sambung di artikel selanjutnya saja. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Ciao,
OpODab


Tipe tipe tabel pada mysql, type kolom pada mysql, nyisam, heap,BDB, archive, tipe data

Label: ,

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.