Percabangan Pada Pemrograman Java

OpO ~ Percabangan Pada Pemrograman Java
OpO ~ Percabangan Pada Pemrograman Java
Ciao,
OpODab.com - Share kali ini mengenai permrograman java. Percabangan adalah pernyataan dari java yang mengijinkan user untuk memilih dan mengekekusi blok kode spesifik esuai kondisi yang telah ditentukan dan mengabaikan blok kode lain. Pernyataan-pernyataan yang dapat digunakan untuk struktur kontrol percabangan antara lain, if, if else dan switch.


Percabangan Dengan IF
Pernyataan if digunakan untuk menentukan sebuah pernyataan (atau blok kode) akan dieksekusi jika dan hanya jika persyaratan bernilai benar (true). Bentuk dari pernyataan if adalah :
 

if(boolean_expression) statement;

atau :

if (boolean_expression){
statement1;
statement2;
. . .
}

 
dimana, boolean_expression adalah sebuah penyataan logika yang bernilai benar (true) atau salah (false), atau variabel bertipe boolean. Penggunaan pernyataan if dalam program dapat dilihat pada contoh program dibawah ini:

public class Pernyataanif2{
public static void main(String args[]){
Byte grade = 95; if ( grade > 80 ){
System.out.println("Selamat Anda Lulus"); S
ystem.out.println("Dengan nilai "+grade+"!");
 }
}
}

Percabangan dengan IF - ELSE
Selanjutnya percabangan pada pemrograman java adalah menggunakan pernyataan if - else. Pernyataan if – else digunakan untuk menentukan dua kondisi alur program, jika persyaratan bernilai benar (true) maka sebuah pernyataan (atau blok kode) akan dieksekusi. Sedangkan jika persyaratan bernilai salah (false) maka sebuah pernyataan (atau blok kode) lain yang akan dieksekusi. Bentuk dari pernyataan if - else adalah : 

if (boolean_expression) statementif;
else statementelse;

atau :

if (boolean_expression){
statementif1; statementif2; . . .
} else){
 statementelse1; statementelse2; . . .
 

dimana, boolean_expression adalah sebuah penyataan logika yang bernilai benar (true) atau salah (false), atau variabel bertipe boolean.

Percabangan dengan SWITCH
Selanjutnya percabangan pada pemrograman java adalah menggunakan pernyataan switch. Cara lain untuk membuat cabang adalah dengan menggunakan kata kunci switch. Switch digunakan untuk menangani percabangan yang memiliki banyak kondisi. Bentuk statement switch adalah : 

switch (switch_expression){
case case_selector1: statement1; // statement2; //blok pernyataan ke-1 . . . //
break;
case case_selector2: statement1; // statement2; //blok pernyataan ke-2 . . . //
break; . . .
default:
statement1; //
statement2; //block n
. . . //
break;
}

 
switch_expression adalah ekspresi yang menghasilkan nilai integral (untuk java SE 7 sudah dapat menggunakan nilai String). case_selector1, case_selector2 dan seterusnya adalah konstanta unik dari nilai switch_expression. Ketika pernyataan switch ditemukan pada potongan kode program, java pertama kali akan memeriksa switch_expression, dan menuju ke case yang akan menyamakan nilai yang dimiliki oleh switch_expression dengan nilai case_selector.

Jika ditemukan program akan mengeksekusi pernyataan dari kode setelah case yang ditemukan sampai menemui pernyataan break, selanjutnya akan mengabaikan pernyataan yang lainnya hingga akhir dari struktur pernyataan switch.

Jika tidak ditemui case yang cocok, maka program akan mengeksekusi blok default (kalau ada), karena bagian blok default bersifat opsional. Sebuah pernyataan switch bisa jadi tidak memiliki blok default. Tidak seperti pada pernyataan if, beberapa pernyataan pada struktur pernyataan switch akan dieksekusi tanpa memerlukan tanda kurung kurawal ({}).

Ketika sebuah case pada pernyataan switch menemui kecocokan, semua pernyataan setelah case tersebut akan dieksekusi. Untuk menghindari program mengeksekusi pernyataan pada case berikutnya, kita menggunakan pernyataan break sebagai pernyataan akhir pada setiap blok case.

 
Itulah beberapa dasar pemrograman pada java mengenai percabangan yang sering digunakan. Semoga Informasi ini berharga untuk anda.

Ciao,
OpODab,

pernyataan if, if else, switch, bentuk percabangan pada java, dasar pemrograman java

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.