Pengulangan Pada Pemrograman Java


OpO ~ Pengulangan Pada Pemrograman Java
OpO ~ Pengulangan Pada Pemrograman Java
Ciao,

OpODab.com - Melanjutkan share yang sebelumnya mengenai java. Struktur kontrol perulangan adalah berupa pernyataan dari Java yang menyebabkan eksekusi terhadap blok kode program dilakukan berulang-ulang sesuai dengan kondisi tertentu. Ada tiga macam struktur kontrol pengulangan, yaitu for, while, dan do - while.

Menggunakan while
Pernyataan pengulangan while adalah pernyataan atau blok pernyataan yang diulang-ulang sampai mencapai kondisi yang tidak cocok. Bentuk pernyataan while :


while (boolean_expression){
statement1;
statement2;
. . .
}

Pernyataan di dalam pengulangan while akan dieksekusi berulang-ulang selama kondisi boolean_expression bernilai benar (true). Contoh, pada kode dibawah ini :

int i = 4;
while ( i > 0 ){
System.out.print(i);
i--;
}

Contoh diatas akan mencetak angka 4321 pada layar. Perlu dicatat jika bagian i--; dihilangkan, akan menghasilkan pengulangan yang terus menerus (infinite loop). Sehingga, ketika menggunakan while loop atau bentuk pengulangan yang lain, pastikan untuk memberikan pernyataan yang membuat pengulangan berhenti pada suatu kondisi.

 
Menggunakan do - while
Pengulangan do-while mirip dengan pengulangan while. Pernyataan di dalam pengulangan do-while akan dieksekusi beberapa kali selama kondisi bernilai benar (true). Perbedaan antara while dan do-while adalah dimana pernyataan di dalam pengulangan do-while akan dieksekusi sedikitnya satu kali, sedangkan pada perngulangan while ada kemungkinan tidak dieksekusi. Bentuk pernyataan do-while :

do{
statement1;
statement2;
. . .
}while( boolean_expression );

Pernyataan di dalam do-while loop akan dieksekusi pertama kali, dan akan dievaluasi kondisi dari boolean_expression. Jika nilai pada boolean_expression tersebut bernilai true, pernyataan di dalam do-while loop akan dieksekusi lagi. Berikut ini contoh pengulangan do-while :

int x = 0;
do
{
System.out.print(x);
x++;
}while (x<10);

Contoh diatas akan memberikan output 0123456789 pada layar.

 
Menggunakan for
Pernyataan pengulangan for memiliki kondisi hampir mirip seperti struktur pengulangan sebelumnya yaitu melakukan pengulangan untuk mengeksekusi kode yang sama selama kondisi/jumlah tertentu. Bentuk dari perulangan for :

for (InitializationExpression; LoopCondition; StepExpression){
statement1;
statement2;
. . .
}

dimana, InitializationExpression adalah inisialisasi dari variabel loop. LoopCondition digunakan untuk membandingkan variabel pengulangan pada nilai batas tertentu. StepExpression untuk melakukan update pada variabel loop. Berikut ini adalah contoh dari for loop :

int i;
for( i = 0; i < 10; i++ ){
System.out.print(i);
}

Pada contoh ini, pernyataan i=0 merupakan inisialisasi dari variabel. Selanjutnya, kondisi i<10 diperiksa. Jika kondisi bernilai true, pernyataan di dalam pengulangan for dieksekusi. Kemudian, ekspresi i++ dieksekusi, lalu akan kembali pada bagian pemeriksaan terhadap kondisi i<10 lagi. Kondisi ini akan dilakukan berulang-ulang sampai mencapai nilai yang salah (false).


Itulah pernyataan pengulangan pada pemrograman java. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Ciao,
OpODab, 

statement perulangan pada java, looping pada java, dasar pemrograman java, perulangan dengan while, do while, dan for

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.