Pengenalan Java Graphics 2D

OpO - Pengenalan Java Graphics 2D
Pengenalan Java Graphics 2D
Ciao,

OpODab ~ Java Graphics 2D, kali ini opodab akan sedikit share mengenai computer graphic dalam bahasa pemrograman Java. Apa itu java graphics 2D? Java 2D Application Programming Interface (API 2D) adalah seperangkat class yang dapat digunakan untuk membuat grafik dengan  kualitas tinggi. Ini termasuk fitur seperti geometris transformasi, antialiasing, alpha compositing, pengolahan gambar, dan tata letak teks dua arah, hanya untuk beberapa nama.

Java 2D adalah bagian dari kelas inti dari platform Java 2 (JDK sebelumnya 1,2). 2D API memperkenalkan kelas baru dalam paket berikut:

            java.awt
     java.awt.image

Selain itu, 2D API meliputi enam paket berikut:

            java.awt.color
java.awt.font
java.awt.geom
java.awt.print
java.awt.image.renderable
com.sun.image.codec.jpeg

Semua paket ini merupakan bagian inti dari  Java 2 Platform, kecuali com.sun.image.code.jpeg. ini Artinya, kecuali untuk paket JPEG, Anda dapat mengandalkan API 2D di semua implementasi dari Platform Java 2. Paket ini berfungsi sebagai jembatan ke Java Imaging Advanced API (JAI).

Java 2D dirancang untuk melakukan apa pun yang Anda ingin lakukan (dengan grafis komputer, setidaknya). Sebelum Java 2D, grafis toolkit AWT ini memiliki beberapa keterbatasan yang serius:
  • Semua baris digambar dengan ketebalan satu piksel. 
  •  Hanya sedikt font yang tersedia. 
  •  AWT tidak menawarkan banyak kontrol atas gambar. Misalnya, Anda tidak bisa memanipulasi bentuk individu karakter. 
  • Jika Anda ingin memutar atau skala apa pun, Anda harus melakukannya sendiri. 
  • Jika Anda ingin mengisi khusus, seperti gradien atau pola, Anda harus membuatnya sendiri. 
  • Dukungan Gambar itu belum sempurna.
2D API adalah untuk menyempurnakan  kekurangan ini dan melakukan lebih banyak hal. Untuk menghargai apa yang 2D API dapat menawarkan, Anda perlu melihatnya dalam tindakan.
Shapes
Bentuk geometris dapat diwakili oleh kombinasi garis lurus dan kurva. 2D API juga menyediakan toolbox yang berguna dari bentuk standar, seperti persegi panjang, busur, dan elips.

Stroking
Garis dan garis bentuk dapat ditarik sebagai garis padat atau putus-putus dari setiap lebar-proses disebut Stroking. Anda dapat mendefinisikan pola titik-titik dan menentukan bagaimana bentuk sudut dan garis ujung harus ditarik.

Filling
Bentuk bisa diisi menggunakan warna solid, pola, gradien warna, atau apa pun yang Anda bisa bayangkan.

Transformation
Segala sesuatu yang digambar dalam 2D API dapat ditarik, squished, dan diputar. Hal ini berlaku untuk bentuk, teks, dan gambar. Anda memberitahu 2D transformasi apa yang Anda inginkan dan itu akan membuat segalanya.

Alpha Compositing
Compositing adalah proses penambahan elemen baru ke gambar yang ada. 2D API memberi Anda fleksibilitas yang cukup dengan menggunakan aturan compositing Porter-Duff.

Clipping
Kliping adalah proses membatasi luasnya operasi menggambar. Sebagai contoh, menggambar jendela biasanya dijepitkan batas jendela. Dalam API 2D, namun, Anda dapa menggunakan bentuk apapun untuk kliping. 


Antialiasing

Antialiasing adalah teknik yang mengurangi tepi bergerigi di gambar. 2D API mengurus rincian memproduksi gambar antialiased.

Text
2D API dapat menggunakan TrueType atau Type 1 font yang diinstal pada sistem Anda. Anda dapat membuat string, mengambil bentuk dari string individu atau huruf, dan memanipulasi teks dalam yang sama cara yang bentuk dimanipulasi. TrueType adalah font standar awalnya dikembangkan di Apple dan sekarang tersebar luas di MacOS dan Windows platform. Type 1 font didasarkan pada Bahasa PostScript Adobe.

Color
Sulit untuk menunjukkan warna dengan benar. 2D API termasuk kelas dan metode yang mendukung
mewakili warna dalam cara-cara yang tidak bergantung pada perangkat keras tertentu atau melihat kondisi.

Image
2D API mendukung melakukan hal-hal rapi yang sama dengan gambar yang dapat Anda lakukan dengan bentuk dan teks. Secara khusus, Anda dapat mengubah gambar, menggunakan bentuk klipping, dan menggunakan alpha compositing dengan gambar. Java 2 juga termasuk satu set kelas untuk memuat dan menyimpan gambar dalam format JPEG Format.

Image Processing
2D API juga termasuk satu set kelas untuk image processing. Pengolahan citra digunakan untuk menyoroti aspek-aspek tertentu dari gambar, untuk mencapai efek estetika, atau untuk membersihkan scan berantakan.

Ptinting
Akhirnya, pengembang Java memiliki cara yang layak untuk mencetak. Percetakan API merupakan bagian dari 2D API dan menyediakan kompak, solusi bersih untuk masalah menghasilkan output pada printer.
Itulah beberapa pembahasan mengenai pengenalan Java Graphics 2D. semoga dapat menjadikan referensi dan bermanfaat untuk anda. Dilain waktu opodab akan mencoba mengimplementasikannya. Sekian dulu pembahasan kali ini untuk pengenalan java graphics 2D.

Ciao,
OpODab,

pengenalan java graphics 2D, terdapat dalam pemrograman menggunakan bahasa pemrograman java

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.