Support Me Subscribe now!

Mengatasi Error Gradle -v7:16.*.

errorgradle, appcompat, android studio error, error script gradle


OpO ~ Mengatasi Error Gradle Pada Android Studio
Error Gradle
Ciao all,

Kali ini opodab ingin berbagi lagi informasi, masih mengenai android programming. Ini adalah tips untuk mengatasi error gradle, error ini kami temui ketika akan mencoba run projek aplikasi kita, atau bias di katakana saat proses debug error ini muncul.

Pesan errornya kurang lebih sebagai berikut:
“Could not resolve com.android.support:appcompat-v7:16.+.”

Atau anda dapat lihat gambar disamping lebih lengkapnya error tersebut. Dengan munculnya pesan error tersebut tentunya kita tidak dapat menjalankan projek kita pada android emulator.



Lalu apa penyebabnya sehingga muncul pesan error tersebut? Pesan error appcompat-v7:16.+ muncul karena tidak adanya file/folder build tool dengan versi 16. Anda dapat mengeceknya pada folder installasi Android SDK anda dalam folder

/android-sdk/build-tools/

Mungkin nama folder sdk anda dengan yang saya contohkan berbeda, tapi pada intinya adalah terletak didalam folder build-tools. Dalam kasus ini yang opodab miliki adalah build-tools versi 19 ke atas. Maka kita harus mengedit pada projek kita dan menggan 16 dengan 19. Mungkin versi 19 juga berbeda pada folder anda. Silahkan di sesuaikan sesuai dengan instalasi sdk anda.

Selanjutnya setelah kita mengetahui folder versi build-tools kita, saatnya kita mengedit projek kita. Setelah anda membuka projek anda klik pada Project berada di sebelah kiri, kemudia expand dan klik Gradle Scripts maka anda akan menemui file bernama build.gradle.


Setelah anda menemukannya double klik file tersebut kemudian editlah seperti panduan diatas. Yaitu mengganti angkan 16 menjadi 19. Sekali lagi ini disesuaikan dengan file build-tools yang anda miliki. Dan kemudian save.

Jika proses ini tidak ada masalah, sekarang coba anda mendebugnya ulang. Pada tahap ini seharusnya tidak muncul error lagi, dan projek aplikasi kita dapat di jalankan pada emulator.

Untuk mempermudahnya anda dapat melihat video berikut:

 

Itulah beberapa langkah untuk mengatasi error gradle pada android studio. Semoga dapat bermanfaat untuk anda. Dan terima kasih telah mampir ke opodab.com jangan lupa tinggalkan komentar ya sebagai bahan review bagi opodab agar dapat menyajikan informasi yang anda butuhkan.

Ciao,
OpODab,

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.