Inheritance Dan Thread Pada Pemrograman Java


OpO ~ Inheritance dan Thread Pada Pemrograman Java
OpO ~ Pewarisan Dan Thread Pada Java

Ciao,
OpODab.com – Pada kesempata ini opodab ingin melanjtukan share mengenai pemrograman pada java. Pada pembahasan kali ini tentang pewarisan dan thread, pewarisan dan thread pada pemrograman java.

Pewarisan
Dalam java, semua class, termasuk class membangun java API, adalah subclass dari superclass object. Beberapa class diatas class utama dalam hierarki class dikenal sebagai superclass. Sementara beberapa class dibawah class pokok dalam hierarki class dikenal sebagai subclass dari class tersebut.


Pewarisan adalah keuntungan besar dalam pemrograman berbasis obyek karena seuatu sifat atau metode didefinisikan dalam superclass, sifat ini secara otomatis diwariskan dari semua subclasses. Jadi kita dapat menuliskan kode metode hanya sekali dan mereka dapat digunakan oleh semua subclass. Subclass hanya perlu menimplementasikan perbedaannya sediri dengan induknya.

 
Thread
Thread merupakan kemampuan yang dimiliki oleh java untuk membuat aplikasi yang tangguh, karena thread dalam program memiliki fungsi dan tugas tersendiri. Dengan adanya thread, dapat membuat program yang lebih efisien dalam hal kecepatan maupun penggunaan sumber daya, karena kita dapat membagi proses dalam aplikasi kita pada waktu yang sama. Thread umumnya, digunakan untuk pemrograman multitasking networking, dan lain-lain yang melibatkan pengaksesan ke sumber daya secara konkuren.

Sebuah thread merupakan sebuah pengontrol aliran program. Untuk lebih mudahnya, bayangkannlah threas sebagai sebuah proses yang akan dieksekusi didalam sebuah program tertentu. Penggunaa sistem operasi modern saat ini telah mendukung kemampuan untuk menjalankan beberapa program.

Misalnya, pada saat kita mengetik sebuah dokumen di computer dengan menggunakan text editor, dalam waktu yang bersamaan kita juga dapat mendengarkan music, dan surfing lewat internet PC. Sistem operasi yang telah terinstall dalam computer kita itulah yang memperbolehkan kita untuk menjalankan multitasking.

Seperti itu juga sebuah program (ibaratkan sebagai computer), ia juga dapat mengeksekusi beberapa proses secara bersama-sama (ibaratkan beberapa aplikasi berbeda yang bekerja pada computer). Sebuah aplikasi adalah HotJava bowser yang memperbolehkan kita untuk browsing terhadap suatu page, bersamaan dengan men-download obyek yang lain, misalnya gambar, memainkan animasi, dan juga file audio pada saat yang bersamaan.


Itulah pembahaasan singkat mengenai pewarisan dan thread pada pemrograman java yang dapat opodap share untuk anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Akhir kata dari kami:

Ciao,
OpODab,

inheritance, thread, java programming, pengenalan pewarisan, pengenalan thread pada pemrograman java

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.