Pengenalan Class, Object, Dan Method Pada Pemrograman Java

OpO ~ Pengenalan Class, Object, Dan Method Pada Pemrograman Java
OpO ~ Pengenalan Class, Object, Dan Method Pada Pemrograman Java
Ciao,

OpODab.com - Masih melanjutkan artikel selanjutnya mengenai pemrograman java. Kali ini membahas mengenai pengenalan class, object, dan method pada pemrograman java. 

Class
Class merupakan konsep pokok di bahasa pemrograman berorientasi obyek, demikian pula di java. Class mendefinisikan bentuk dan perilaku obyek. Sembarang konsep/abstraksi yang diimplementasikan di java harus dikapsulkan dalam class. Pemrograman di java tidak mungkin dipisahkan dari class.
Pada pemrograman sebelumnya, class hanya mengkapsulkan metode (berbentuk fungsi) main() untuk menunjukkan sintaks dasar bahasa java. Class adalah struktur dasar dari OOP (Object Oriented Programming). Class terdiri dari dua tipe anggota yang disebut dengan field (attribut/properti) dan method (metode). Field merupakan tipe data yang didefinisikan oleh class, sementara method merupakan operasi.

Object
Sebuah obyek adalah sebuah instance (keturunan) dari class. Pada dunia perangkat lunak, sebuah obyek adalah sebuah komponen perangkat lunak yang stukturnya mirip dengan obyek pada dunia nyata. Setiap obyek dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut variabel untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek, dan juga terdiri dari sekumpulan method yang menjabarkan tingkah laku dari obyek. Bisa dikatakan bahwa obyek adalah sebuah perangkat lunak yang berisi sekumpulan variabel dan method yang berhubungan. Variabel dan method dalam obyek Java secara formal diketahui sebagai variabel instance dan method instance. Hal ini dilakukan untuk membedakan dari variabel class dan method class.


Method
Method adalah bagian-bagian kode yang dapat dipanggil oleh program utama atau dari metode lainnya untuk menjalankan fungsi yang spesifik. Berikut adalah karakteristik dari metode :
a. Dapat mengembalikan satu nilai atau tidak sama sekali
b. Dapat menerima beberapa parameter yang dibutuhkan atau tidak ada parameter sama sekali. Parameter bisa juga disebut sebagai argumen dari fungsi.
c. Setelah metode selesai dieksekusi, dia akan kembali pada metode yang memanggilnya.

Itulah beberapa pengenalan class, object, dan method pada pemrograman java.

 
Ciao,
OpODab,

pengenalan clas, object dan method pada pemrograman java,

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.