Manfaat Buah Srikaya


OpO Manfaat Buah Srikaya
OpO - Manfaat Buah Srikaya
Ciao All.

Di indonesia, buah srikaya (Annona squamosa L) itu banyak sekali namanya. Ada yang menyebutnya delima bintang, serba bintang, sarikaya, seraikaya, serkaya, surikaya, srikawis, sarkaja, serakaja, sirikaja, garoso, ata, atis soe walanda, sirikaya, sirikaja, dan hirikaya. Kalau di tempat ada buah srikaya ini disebut apa?

Buah srikaya mengandung energi sebesar 101 kilokalori, protein 1,7 gram, karbohidrat 25,2 gram, lemak 0,6 gram, kalsium 27 miligram, fosfor 20 miligram, dan zat besi 1 miligram.  Selain itu di dalam Buah Srikaya juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 22 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Buah Serikaya, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 58 %.

Lebih rinci kandungan buah srikaya :

Nama Bahan Makanan : Buah Srikaya Versi DKBM P3G '90

    Banyaknya Buah Srikaya yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
    Bagian Buah Srikaya yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 48 %
    Jumlah Kandungan Energi Buah Srikaya = 63 kkal
    Jumlah Kandungan Protein Buah Srikaya = 1,1 gr
    Jumlah Kandungan Lemak Buah Srikaya = 0,5 gr
    Jumlah Kandungan Karbohidrat Buah Srikaya = 13,9 gr
    Jumlah Kandungan Kalsium Buah Srikaya = 127 mg
    Jumlah Kandungan Fosfor Buah Srikaya = 30 mg
    Jumlah Kandungan Zat Besi Buah Srikaya = 2,7 mg
    Jumlah Kandungan Vitamin A Buah Srikaya = 0 IU
    Jumlah Kandungan Vitamin B1 Buah Srikaya = 0,08 mg
    Jumlah Kandungan Vitamin C Buah Srikaya = 28,3 mg

Baca Juga : Manfaat Buah Sawo

Buah srikaya adalah buah yang cukup gampang kita temui. Jika kita ke pasar atau toko buah pasti buah tersebut cukup mudah kita jumpai. Peminat yang cukup banyak menjadikannya banyak dijual di masyarakat. Bahkan tak jarang masyarakat yang justru memiliki pohon buah ini sendiri. Namun selama ini kita hanya mengenal srikaya sebagai tanaman yang memiliki buah yang dapat dikonsumsi sedangkan tidak begitu paham tentang karakteristik buah itu sendiri. Berikut adalah karakteristik srikaya:
OpO - Manfaat Buah Srikaya
OpO - Manfaat Buah Srikaya
Srikaya memiliki daging buah berwarna putih. Jika buah srikaya sudah matang maka akan memilik rasa yang manis dan akan memilik biji berwarna hitam mengkilap.

Buah srikaya atau buah nona ini memiliki bentuk bulat. Kulit buah memiliki ciri khas – memiliki kulit dengan mata-mata (totol-totol) menyerupai benjolan-benjolan yang cukup banyak dan memenuhi kulit buah (hampir mirip buah sirsak).

Srikaya memeliki bunga sebanyak 3-5 yang muncul di dalam tandan. Bunga-bunga dari srikaya masing-masing memiliki lebar berkisar 2 – 3 cm, dengan enam helai daun bunga atau kelopak, warnanya kuninh-hijau serta berbintik kecil berwarna ungu di dsaranya.

Baca Juga : Manfaat Buah Matoa

Buah srikaya pada umumnya berbetuk bulat dan sedikit mengerucut. Rata-rata buah srikaya memiliki diameter 5 – 10 cm. Pohon srikaya mampu tumbuh di tanah kering, dan sama seperti pada umumnya tumbuhan maka srikaya juga membutuhkan sinar mataharai secara langsung. Pohon srikaya rata-rata akan berbuah normal pada saat sudah berusia kisaran 3 – 5 tahun.

Pohon srikaya memiliki ketinggian berkisar 2 – 3 meter. Pohon srikaya memiliki warna keabu-abuan dan kulit pohonnya cukup tipis. Pohon buah srikaya memiliki daun yang berselang-selang, lembing dan membujur dengan panjang berkisar antara 6 – 12 cm dan dengan lebar 3 – 4 cm.

Telah disebutkan di atas beberapa karakteristik dari srikaya secara umum. Untuk ukuran-ukuran yang dijelaskan baik dari ukuran daun hingga tinggi pohon itu hanya bersifat rata-rata pada umumnya pohon buah srikaya. Ukuran-ukuran tersebut bisa saja ditemukan berbeda papa kemudian hari. Tentunya hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhinya, baik drai faktor alam maupun faktor manusia.

Contoh beberapa faktor adalah seperti kesuburan tanah tempat pohon srikaya ditanam, perubahan cuaca yang teralalu ekstrim, serta usia dari pohon srikaya itu sendiri. Faktor manusia pun tak dapat dipungkiri. Karena tak jarang sebuah ekosistem dapat rusak karena ulah tangan manusia yang tidak bertanggungjawab.

Manfaat Buah Srikaya

Menambah berat badan
Bilamana Anda ingin berat badan meningkat tentunya dengan cara yang sehat, maka konsumsilah buah srikaya. Hal ini dikarenakan buah srikaya dapat membantu meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh.

Baca Juga : Manfaat Buah Duku

Menjaga kesehatan pencernaan
Makanan menyegarkan biasanya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dan ini ternyata berlaku juga untuk buah srikaya. Kandungan tembaga dan kaya akan serat membuat buah ini dapat melancarkan buang air besar sekaligus menyehatkan sistem pencernaan.

Menjaga kesehatan jantung
Buah srikaya mengandung magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab, kandungan tersebut mampu mencegah terjadinya serangan penyakit jantung.

Menjaga tekanan darah
Tekanan darah seseorang dapat dikendalikan dengan mengonsumsi buah srikaya secara rutin. Srikaya mengandung potasium dan magnesium yang akan membantu menjaga tekanan darah supaya tetap dalam keadaan normal.

Mengobati anemia
Selain memiliki kandungan zat besi, buah srikaya juga mempunyai fungsi sebagai stimulan, haemantic, dan juga ekspektoran. Ketiga fungsi tersebut tentu bermanfaat untuk membantu mengobati anemia.

Mencegah arthritis
Didalam buah srikaya terdapat magnesium yang mampu menyeimbangkan kadar air didalam tubuh sehingga bermanfaat untuk menghilangkan rasa asam dari sendi yang merupakan penyebab timbulnya arthritis.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Tidak banyak yang tahu bahwa buah srikaya itu ternyata bermanfaat untuk kesehatan gigi dan juga mulut Anda. Terutama pada bagian kulit srikaya yang memang dapat membantu mengurangi sakit gigi dan gusi.

Menyehatkan mata
Buah srikaya mempunyai kandungan vitamin C dan riboflavin yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, ia juga bermanfaat untuk melindungi terjadinya kerusakan penglihatan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca Juga : Manfaat Buah Durian

Menurunkan kolesterol
Salah satu hal yang dapat mengancam kesehatan jantung Anda adalah tinggi kolesterol. Untuk menurunkan kadar kolesterol, bisa dicoba dengan mengonsumsi buah srikaya. Kandungan serat dan niasin didalamnya bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Catatan Penting dan Saran

Catatan Penting!!!


Penting untuk diperhatikan bahwa:

    Ibu yang sedang mengandung (hamil) sangat dilarang untuk meminum atau menggunakan air rebusan yang berbahankan srikaya sebagi obat herbal, baik itu dari biji, daun, kulit pohon, akar, hingga buahnya sekali pun. Jika membuat obat herbal terutama untuk obat yang diminum berupa air rebusan maka hati-hati dalam mengolah biji, kulit kayu dan akar pohon srikaya, karena di dalamnya mengandung racun. Akan lebih bijak jika dalam penggunaan baik itu daun, biji, akar, kulit pohon hingga buah sebagai olahan obat herbal didampingi atau atas pengarahan para herbalis yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Saran

Dalam artikel ini telah diperkenalkan pada kita mengenai apa itu buah srikaya. Srikaya tidak hanya buah yang dapat dikonsumsi saja. Tapi ada banyak manfaat lain yang dapat kita peroleh selain hanya mengkonsumsinya. Ada banyak kandungan-kandungan yang tentu dapat dimanfaatkan, baik itu dari akar, kulit pohon, daun, biji, serta buah srikaya. Seperti kandungan protein, kalsium, zat besi, dan berbagai jenis vitamin serta kandungan senyawa kimia lainnya.

Namun selain kandungan bermanfaat yang ada dalam srikaya, terdapat juga racun yang tentunya tidak baik untuk tubuh manusia. Racun itu disebut annonain dan resin , racun tersebut paling banyak berada pada biji buah srikaya. Mengacu pada tiga point dalam catatan penting, maka sangat disarankan atau diwajibkan untuk adanya pendampingan dan pengawasan dari para herbalis yang perofesional di bidangnya, dalam proses pengolahan dan menggunakan olahan srikaya baik itu daun, biji, kulit pohon, akar hingga buah sebagai obat herbal. Hal ini tentu demi kebaikan sesama.

Ciao,
OpODab,

manfaat buah, manfaat buah srikaya, manfaat buah srikaya bagi ibu hamil, manfaat buah srikaya untuk kesehatan, manfaat buah srikaya untuk diet,

Label:

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.