Manfaat Kolang - Kaling

Opo - Manfaat buah kolang-kaling untuk kesehatan
Kolang Kaling
Ciao,

Jika dilihat dari kandungannya, manfaat kolang kaling untuk kesehatan tubuh memang sudah tak diragukan lagi. Oleh karena itu, kolang kaling sangat cocok untuk dikonsumsi pada saat Bulan Ramadhan.

Lantas apa saja manfaat kolang kaling yang baik untuk kesehatan tubuh? Berikut ini adalah daftar beberapa manfaat kolang kaling:

1. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat kasar pada kolang kaling mencapai 39%. Serat kasar tersebut sangat bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan. Selain serat kasar, karbohidrat yang terdapat pada kolang kaling juga dapat memebuhi kebutuhan Anda sehari-hari.

Selain melancarkan pencernaan, serat kasar juga dapat membantu Anda lebih mudah dalam mengatur Anda buang air besar. Manfaat kolang kaling ini juga baik untuk menghindari Anda dari obesitas atau kegemukan.

2. Memperkuat tulang atau mencegah osteoporosis

Apa nutrisi yang cocok untuk memperkuat tulang? Pasti kebanyakan dari Anda menjawab susu. Alasannya, karena susu memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.


Jawaban tadi memang benar, tetapi Anda juga harus memperhatikan resiko mengkonsumsi susu secara berlebihan. Susu memiliki resiko berupa kalori yang sangat tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan akan membuat tubuh Anda mengalami kegemukan.

Selain susu, Anda juga bisa mengkonsumsi kolang kaling. Mengapa kolang kaling? Karena, pada 100 gram kolang kaling mengandung 91 mg kalsium. Sedangkan pada 100 gram susu mengandung 125 mg kalsium. Dengan begitu, kolang kaling dapat dijadikan sebagai alternatif sumber kalsium selain susu.

3. Obat radang sendi

Manfaat kolang kaling yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang menderita penyakit radang sendi. Cara yang paling tepat kolang kaling dijadikan obat radang sendi adalah direbus tanpa menggunakan gula dan pewarna. Selain direbus, juga bisa dijadikan manisan dengan tambahan gula batu, daun pandan, dan jahe. Konsumsi olahan tersebut sebanyak 100-200 gram per hari.

Kandungan karbohidrat dalam kolang kaling mencapai 52,9%. Kandungan karbohidrat tersebut umumnya adalah galaktomannan. Di dalam dunia kefarmasian, galaktomannan ini adalah bahan obat beberapa penyakit radang sendi. Galaktomannan tersebut memiliki efek sebagai analgesic atau pereda rasa sakit.

4. Obat gatal-gatal

Sebelum diolah menjadi kolang kaling, buah aren ini memiliki getah beracun yang dapat menimbulkan gatal-gatal pada kulit. Namun, setelah diolah dan dapat dikonsumsi kolang kaling bisa berubah menjadi obat gatal-gatal.

Baca Juga : ManfaatBuah Manggis

Hal tersebut memang perlu diteliti kebenarannya terlebih dahulu. Tetapi beberapa orang telah membuktikan hal itu dan efeknya memang sangat luar biasa. Ketika mengkonsumsi kolang kaling rasa gatal pada tubuh mulai berkurang. Namun, tetap harus dikonsumsi secara rutin.

5. Melangsingkan tubuh

Kandungan gelatin pada kolang kaling juga bermanfaat sebagai pelangsing tubuh. Kok bisa? Ya, karena gelatin tersebut mampu memberikan rasa cepat kenyang dan dapat menghentikan nafsu makan. Oleh karena itu, kolang kaling sangat cocok untuk dijadikan camilan diet Anda.

Selain mudah didapat, dengan mengkonsumsi kolang kaling juga bisa dibilang sebagai menu diet yang menyehatkan. Jadi jika Anda ingin memiliki tubuh langsing, konsumsi kolang kaling saja tentunya harus dibarengi dengan makanan sehat lainnya.

Bukan hanya itu, kolang kaling juga bisa dijadikan sebagai makanan sumber vitamin. Kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C pada kolang kaling cukup tinggi. Seperti yang sudah diketahui, bahwa vitamin A terbukti mampu memperkuat penglihatan mata. Sementera vitamin B sangat baik untuk regenarasi kulit dan sel-sel tubuh lainnya. Sedangkan vitamin C sudah tidak diragukan lagi mampu mencegah sariawan dan influenza.

Baca Juga : Manfaat Buah Pepaya

Ternyata manfaat kolang kaling memang sangat banyak dan tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari sekarang jadikan kolang kaling sebagai menu berbuka puasa Anda!

Sumber : warungkopiDotokezoneDotcom

Ciao,
OpODab,

manfaat buah untuk kesehatan, manfaat buah kolang kaling, manfaat buah kolang kaling bagi ibu hamil, manfaat buah kolang kaling untuk kesehatan, manfaat buah kolang kaling untuk diet,

Label:

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.