Pengenalan Dan Pentingnya Eco Driving

OpO ~ Pengenalan Eco Driving
OpO ~ Pengenalan Eco Driving
Ciao,

OpODab.com – Hmmm, telah lama sudah tidak dapat meluangkan waktu untuk mengisi informasi pada OpODab.com ini, namun pada kesempatan ini opodab ingin melanjutkan artikel yang sebelumnya membahas tentang tips dan trik untuk perawatan mobil. Masih berhubungan dengan mobil, namun kali ini opodab ingin membahas mengenai pengenalan Eco Driving.

Pengetahuan tentang pengenalan eco driving ini opodab dapatkan pada buku bawaan mobil, biasanya disertakan dalam manual book ketika kita membeli mobil. Jadi dari pada bukunya menjadi usang dan informasinya hilang maka lebih baik opodab share dalam halaman pengetahuan tentang eco driving ini.

Eco Driving adalah Teknik berkendara dengan menggunakan prinsip-prinsip dasar defensive driving dan safety driving agar tercapai tujuan utamanya yaitu berkendara dengan efisien tentunya Hemat BBM serta mengurangi tingkat polusi udara yang pastinya Ramah Lingkungan.



Pemanasan Mesin
Hal pertama yang dibahas dalam buku ini adalah mengenai pemanasan mesin. Dimana kita tidak perlu memanaskan mobil cukup lama, cukup hanya dengan 1 – 2 menit untuk memanaskan mobil kita.

Perpindahan Gigi
Untuk melakukan perpindahan gigi dilakukan pada putaran mesin 2000 – 3000 rpm atau sesuai dengan range kecepatan sebagai berikut :
Gigi 1 – 2 dan 2 – 1 dengan kecepatan 15 Km/Jam
Gigi 2 – 3 dan 3 – 2 dengan kecepatan 35 Km/Jam
Gigi 3 – 4 dan 4 – 3 dengan kecepatan 50 Km/Jam
Gigi 4 – 5 dan 5 – 4 dengan kecepatan 70 Km/Jam

Akselarasi Rem
Hindari akselerasi dan pengereman mendadak bila tidak diperlukan. Injak pedal gas dengan lembut dan gunakan engine brake dalam pengereman.

Pengaturan AC
Sesuaikan pengaturan AC terhadap kondisi cuaca. Jangan terlalu boros menggunakan energy.

Perawatan Mesin
Lakukan perawatan mesin secara berkala dan teratur, untuk menjaga kenyamanan dalam berkendara, juga agar mesin mobil kita dapat bekerja dengan performa yang maksimal.

Baca Juga : Perawatan Mobil Sehari-hari

Selain hal-hal diatas ada juga informasi tambahan mengenai eco driving, berikut informasinya

Mendinginkan Kabin Yang Panas
Biasanya ini terjadi ketika kita parker di tempat terbuka pada sinar matahari yang terik. Untuk mendinginkannya ketika kita masuk kendaraan buka sedikit jendela untuk membuang panas dalam kabin. Pasang ac pada temperature paling dingin dengan blower max, sampai suhu dalam ruangan turun. Tunggu beberapa saat hingga suhu  kabin dingin, setelah itu tutup jendela hingga rapat dan aturlah suhu dan kecepatan kipas sesuai dengan keinginan.

Tekanan Angin Pada Ban
Jangan lupa untuk selalu memeriksa tekanan angin pada ban anda. Tekanan angina dalam ban selalu berkurang rata-rata 5% setiap bulan. Periksa selalu minimal 1x dalam sebulan tekanan angina dalam ban agar tetap sesuai dengan ketentuan.

Eco Indikator
Jangan lupa perhatikan juga eco indokator yang terdapat pada mobil anda ( jika ada ) untuk membantu gaya berkendara anda selalu dalam kondisi eco driving. Jika lampu menyala maka gaya mengemudi anda dalam kondisi eco driving. Dan jika eco indicator mati maka gaya mengemudi anda tidak eco driving.

Itulah beberapa informasi mengenai eco driving yang dapat opodab sampaikan untuk anda semua, saran dan kritik senantiasa opodab tunggu untuk menjadikan tempat ini sabagai tempat informasi untuk anda.

Ciao,
OpODab,


Pengenalan Dan pentingnnya eco driving. Eco Driving adalah Teknik berkendara dengan menggunakan prinsip-prinsip dasar defensive driving dan safety driving.

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.