Pengenalan Activity Pada Pemrograman Android

OpO ~ Pengenalan Android Activity
OpO ~ Pengenalan Android Activity
Ciao,

OpODab.com – Artikel ini adalah untuk melanjutkan artikel sebelumnya yang membahas tentang pengenalan user interface pada pemrograman android. Dalam artikel kali ini opodab ingin memberikan penjelasan singkat mengenai sebuah activity pada pemrograman andoid.

Pengertian Activity

Activity adalah salah satu komponen aplikasi android yang digunakan untuk menyediakan sebuah layar bagi user agar dapat berinteraksi dengan aplikasi, misalnya mengirim SMS (Short Message Service), menelepon, mengambil foto, mengirim email, melihat peta, dan lain-lain. Setiap activity memiliki window sebagai tempat meletakkan user interface. Window tersebut biasanya memenuhi layar, bisa juga lebih kecil dari layar dan melayang di atas window lain.

Sebuah aplikasi dapat terdiri dari satu atau lebih activity, biasanya aplikasi dibuat dengan beberapa activity yang satu sama lain terikat secara longgar. Biasanya, satu activity dalam sebuah aplikasi dikhususkan sabagai activity "main" (utama), yang mana akan ditampilkan kepada user di saat aplikasi dijalankan pertama kali.


Setiap activity kemudian bisa menjalankan activity lain untuk melakukan pekerjaan yang berbeda. Setiap kali ada activity baru dijalankan, activity sebelumnya dihentikan, tetapi sistem menyimpan activity tersebut di dalam "tumpukan" (stack). Ketika sebuah activcity dimulai, activity tersebut ditempatkan ditempatkan paling atas pada stack dan mendapatkan fokus dari user.

Prinsip antrian stack pada dasarnya menggunakan prinsip “yang pertama masuk adalah yang terakhir keluar" (last in first out), jadi ketika user selesai dengan sebuah activity dan menekan tombol KEMBALI, activity tersebut dikeluarkan dari stack (dan dihancurkan) dan activity pada stack di bawahnya dikembalikan.

Ketika sebuah activity dihentikan karena ada activity baru yang dimulai, perubahan keadaan ini dinotifikasikan melalui siklus metode pemanggilan kembali activity. Terdapat beberapa metode pemanggilan kembali yang bisa diterima oleh activity, karena adanya perubahan keadaan dan setiap metode pemanggilan kembali menyediakan kita kesempatan untuk melakukan pekerjaan yang lebih spesifik yang sesuai dengan perubahan keadaan activity tersebut.

Sebagai contoh, ketika activity berhenti, activity tersebut harus melepaskan obyek yang besar, misalnya koneksi jaringan atau database. Ketika activity dimulai kembali, kita bisa memperoleh kembali sumber daya yang dibutuhkan dan memulai kembali kegiatan yang diinterupsi. Transisi keadaan ini adalah bagian dari siklus hidup activity.

Itulah penjelasan singkat mengenai android activity pada sebuah aplikasi android. Tanpa activity mungkin sebuah aplikasi dapat dikatakan tidak berhasil. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai pemrograman android, juga memberikan informasi dan dapat menjadi inspirasi untuk anda. Jika anda membutuhkan informasi lainnya anda dapat mencari di form search yang juga telah opodab sediakan di bagian kanan atas.

Ciao,

OpODab,

Memberikan penjelasan mengenai sebuah activity pada aplikasi android.

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.