Penerapan User Interface Pada Pemrograman Android

OpO - Membuat Login Screen Dengan Menerapkan User Interface
Penerapan User Interface Pada Pemrograman Android
Ciao,

OpODab.com – Kali ini opodab ingin menulis mengenai android programming, pembahasan mengenai penerapan user interface (UI) pada pemrograman android. Dalam penerapan ini di gunakan android studio sebagai editor untuk kode programnya. Mengapa tidak menggunakan eclipse, dan memilih android studio untuk mengembangkan atau belajar pemrograman android studio? Anda bisa


Apa itu user interface? Anda bisa baca di pengenalan user interface. Pertama yang harus kita lakukan adalah membuat project baru pada android studio tersebut. Setelah anda membuat project baru secara default program akan menciptakan textView yang sudah tertulis Hello World. Anda dapat menghapus widget tersebut, karena dalam penerapan ini kita belum membutuhkannya.

Untuk membuat sebuah project baru pada android studio anda bisa baca di artikel sebelumnya yaitu cara membuat poject baru dengan android studio. Dalam penerapan user interface ini opodab membuat sebuah login screen. Dengan aplikasi name login screen, kemudain menggunakan main_activity dan menggunkana blank_activity untuk memulainya.

Setelah kita membuat projek baru, ada beberapa widget yang akan kita butuhkan dalam membuat login screen. Widget tersebut antara lain adalah, ScroolView, textView (plan textView), kemudian text field dengan memilih Plain Text dan Password, dan kemudian sebuah button. Penerapan widgetnya anda tertata seperti gambar di atas.

Cukup mudah sekali pnerapan user interface ini, namun kali ini opodab belum memasukkan activity pada login screen tersebut. Opodab hanya membuat tampilan login screen, seseuai dengan judul artikel kali ini tentang penerapan user interface. Pada artikel selanjutnya opodab akan memasukkan sebuah activity agar kita dapat mengerti bagaimana menggabungkan user interface dan menggunakan activity.

Untuk memudahkan anda dalam melakukan tahap ini anda dapat melihat video yang opodab juga sediakan untuk lebih memudahkan anda. Lihat videonya dibawah ini:


Note.

Dalam pembuatan projek login screen ini opodab menemui beberapa error, error tersebut berasala dari error graddle yang secara default menggunakan android API 16, karena opodab sendiri belum mengupdate tools tersebut, jadi bagi anda yang mengalami hal yang sama anda dapat mengupdatenya, yang kedua adalah error appcompat, kali ini yang kita edit adalah gradle.properties. atau anda dapat membaca artikelnya mengatasi error gradle –v7:16.*

Sekian dari opodab mengenai penerapa user interface pada pemrograman android kali ini. Semoga dapat bermanfaat untuk anda semua, dan dapat memberikan informasi untuk anda. Untuk mencari beberapa artikel yang berkaitan disini anda dapat menggunakan form search yang telah opodab sediakan juga yang berada di kanan atas.

Ciao,

OpODab,

Memberikan tutorial untuk menerapkan user interface pada pemrograman android, dengan menggunakan android studio, dana study case ini adalah membuat login screen.

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.