Pengenalan Web Programming



OpO ~ Pengenalan Web Programming
Pengenalan Web Pogramming

Ciao,

Opodab mencoba menambahkan pembahasan mengenai web programming, namun materi masih bersifat teori mengenai pengenalan konsep dasar pemrograman web. Yang pertama adalah definisi mengenai web.

World Wide Web ("WWW", atau singkatnya "Web") adalah suatu ruang informasi di mana sumber-sumber daya yang berguna di identifikasi
oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) atau lebih khusus melalui Uniform Resource Locator (URL), menggunakan skema URI  http:  atau  https: WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya.

Hiperteks dilihat dengan sebuah program bernama browser, web yang mengambil informasi (disebut "dokumen" atau “halaman web") dari server web dan menampilkannya, biasanya di sebuah monitor.

Kita lalu dapat mengikuti pranala di setiap halaman untuk pindah ke dokumen lain atau bahkan mengirim informasi kembali kepada server untuk berinteraksi dengannya. Ini disebut "surfing" atau "berselancar" dalam bahasa Indonesia. Halaman web biasanya diatur dalam koleksi material yang berkaitan yang disebut “situs web".

Itulah beberapa definisi mengenai web. Selanjutnya adalah Membuat aplikasi berbasis web berarti:

Memperkaya fungsi web server dengan cara menambahkan program pada dokumen web yang akan dieksekusi oleh server ketika file dokumen web tersebut diakses oleh web server. Misalnya, program yang mengambil data ke basis data untuk ditampilkan ke web browser.

Memperkaya interaktivitas dokumen dengan cara menambahkan program pada dokumen web yang akan dieksekusi oleh web browser ketika file dokumen tersebut ditampilkan oleh web browser. Misalnya, program yang memvalidasi data masukan pada form sebelum disubmit ke web server.

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang ter-integerasi.

Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML. HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web, seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.

HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka email ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser.

Markup/Tanda, Secara garis besar, terdapat 4 jenis elemen dari HTML:

Structural. Merupakan tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah teks Contoh : <h1>Golf</h1> akan memerintahkan browser untuk menampilkan "Golf" sebagai teks tebal besar yang menunjukkan sebagai Heading 1.

 Presentational. Merupakan tanda yang menentukan tampilan dari sebuah teks tidak peduli dengan level dari teks tersebut . Contoh : <b>boldface</b> akan menampilkan bold.

hypertext . Merupakan tanda yang menunjukkan ke bagian dari dokumen tersebut atau ke dokumen lain, Contoh : <a href="http://www.opodab.com/">OpODab</a> akan menampilkan OpODab sebagai sebuah hyperlink ke URL tertentu.

Elemen widget merupakan objek-objek lain seperti tombol <button>, list <li>, dan garis horizontal <hr>.

Penjelasan singkat mengenai artikel ini mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk anda.

Ciao,
OpODab,



pembahasan mengenai pengenalan web programming, bahasa yang digunakan, html, http, dan https.

Label: ,

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.