Migrasi Ke Android Studio

OpO - Migrasi Ke Android Studio
Android Studio


Ciao,

Kali ini opodab ingin sedikit mereview tentang android studio dan beberapa alasan mengapa harus migrasi dari Eclipse ke  Android Studio. Simak artikel berikut, semoga menjadikan inspirasi bagi anda semua untuk mengembangkan aplikasi yang dapat berjalan pada operating sistem android. Seperti yang kita ketahui saat ini banyak sekali gadget yang mempunyai sistem operasi android. yang tentunya semakin membuka peluang yang sangat lebar untuk mengembangkan aplikasinya.

Android Studio ini adalah software antar muka yang di sediakan oleh Google untuk pengembangan aplikasi pada sebuah operating sitem android. Android Studio dirancang untuk menjadi peralatan baru dalam pengembangan aplikasi dan juga memberi alternatif lain selain Eclipse yang saat ini menjadi IDE yang paling banyak dipakai. Saat Anda memulai proyek baru dengan Android Studio, struktur proyek akan muncul bersama dengan hampir semua berkas yang ada di dalam direktori SDK, peralihan ke sistem manajemen berbasis Gradle ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar pada proses pembangunanya. 
Android Studio mengijinkan Anda untuk melihat perubahan visual apapun yang Anda lakukan pada aplikasi secara langsung. Anda juga bisa melihat perbedaannya jika dipasang pada beberapa perangkat Android berbeda, termasuk konfigurasi dan resolusinya secara bersamaan.
Fitur lain di Android Studio adalah alat-alat baru untuk mengepak dan memberi label kode. Dengan begitu mengijinkan Anda tatap menjadi yang teratas ketika berurusan dengan banyak kode. Program ini juga memakai sistem seret dan jatuhkan untuk memindahkan komponen melalui antar muka pengguna. 

Selain itu, lingkungan baru ini juga mendukung Google Cloud Messaging. Sebuah fitur yang mengijinkan Anda untuk mengirim data dari server ke perangkat Android Anda melalui cloud, cara terbaik untuk mengirim Pengingat pada apps anda. Program ini juga membantu Anda untuk melokalisasi aplikasi anda, memberi anda gambaran visual untuk tetap memprogram sambil mengontrol alur dari aplikasi. 

Lalu kenapa kita harus migrasi dari eclipse ke android studio? Hanya dengan alasan karena google telah mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi melanjutkan support lagi terhadap ADT ( Andorid Developments Tool) (ZDNet dan Techrepublic), dan telah kita ketahui itu adalah plugin yang di kembangkan untuk aplikasi android yang di buat melalui eclipse. Kemudian bagi penegmbang yang masih menggunakan ADT, google sendiri menyarankan agar segera migrasi dari eclipse ke android studio, karena android studio adalah IDE yang menjadi tool offissial untuk mengembangkan aplikasi android.

Apakah eclipse itu jelek sehingga kita harus migrasi ke android studio? Tidak, namun dengan alasan karena ADT sudah tidak didukung lagi untuk android diatas 4.4 Kitkat. Berikut beberapa kelebihan yang di rasakan ketika menggunakan Android Studio :

Baca Juga : Pengenalan Activity Pada Pemrograman Android

Interface Yang Lebih Elegan
Interface pada android studio lebih elegan dan modern, sehingga kita lebih nyaman dalam mengembangkan sebuah aplikasi untuk system operasi android ini. Berbagai menu dan perintah yang ada memberikan kesan yang sesuai dengan tujuan dari android studio itu sendiri.

Layout Editor Yang Lebih Powerful
Kelebihan berikutnya yang saya sukai adalah layout editor-nya yang powerful dan oke banget. Auto complete-nya sudah aktif secara default dan sangat akurat. Kemudian biasanya ketika membuat tampilan aplikasi di Eclipse dalam bentuk kode XML, kita butuh pindah tab antara kode XML dan Graphical Layout secara terus menerus untuk melihat apakah kode kita sudah sesuai atau belum. Di Android Studio, kita tidak perlu lagi repot-repot melakukan ini karena di tab text sudah tersedia fitur preview tampilan aplikasi kita. Selain dari itu, developer juga bisa meng-expand dan collapse kode XML, sehingga tidak perlu melakukan scrolling yang berlebihan untuk mencari dan mengubah kode tampilan aplikasi.

Kompatibilitas Yang Bagus
Ketika menggunakan Eclipse, salah satu yang paling bikin saya jengkel adalah ketika saya meng-update Eclipse, atau Android SDK Tools (saya lupa yang mana duluan), terdapat masalah kompatibilitas, dan untuk mendamaikan kedua tools ini merupakan pekerjaan yang tidak gampang dan memakan tenaga. Dengan menggunakan tools yang berasal langsung dari pengembang Android sendiri, SEHARUSNYA masalah seperti ini tidak ada, toh asal kedua tools ini dari sumber yang sama kan?

Persyaratan sistem
Pengembangan aplikasi Android dapat dilakukan pada salah satu jenis sistem berikut:
  • Windows 2003 (32-bit atau 64-bit)
  • Windows Vista (32-bit atau 64-bit)
  • Windows 7 (32-bit atau 64-bit)
  • Windows 8 / Windows 8.1
  • Mac OS X 10.5.8 atau yang lebih baru (sistem berbasis Intel saja)
  • Sistem Linux dengan versi 2.11 atau yang lebih baru dari GNU C Library (glibc)
  • Minimal 2GB RAM (4GB lebih disukai)
  • 1.5GB ruang disk yang tersedia
Baca Juga : Pengenalan Android Manifest .xml

Itulah beberapa riview tentang aplikasi android studio sebaga alat untuk mengembangkan aplikasi yang bejalan pada system operasi android. Jangan lupa siapkan alat-alat perangnya untuk installasi android studio. Yang perlu anda butuhkan untuk installasi android studio adalah Java Development Kit (JDK) yang bisa anda dapatkan gratis websitnya oracle, juga jangan lupa download juga android studio yang juga bisa anda dapatkan gratis juga pada website Android Developer.

Ciao,
OpO

Ini menjelaskan mengapa kita harus migrasi dari eclipse kemudian menggunakan android studio.

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.