Menghubungkan Android SDK Dengan Android Studio


OpO - Menghubungkan Android SDK With Android Studio
Menghubungkan Android SDK With Android Studio
Ciao All,

Opodab kali ini ingin membagi informasi mengenai menghubungkan android sdk dengan android studio. Ini dimaksutkan apabila anda sudah mempunya sdk ketika anda dulu menggunakan eclipse untuk mengembangkan aplikasi android. Namun ketika anda berfikir untuk bermigrasi ke android studio anda tidak perlu mendownload juga android sdknya. Anda cukup menghubungkan dan mengupdatenya saja.


File yang perlu anda siapkan adalah file installasi android studio yang dapat anda download gratis pada website Android Developers. Ukuran filenya sekitar 250MB, dalam kasus ini opodab mengunakan file yang berextensi zip. Karena dengan file ini kita dapat menginstallnya dengan cara portable, tinggal mengekstraknya saja.


Wow android studio juga ada ektraknya lho! OK setelah semua perlengkapan tempur sudah siap, saatnya kita menghubungkan android sdk kita yang lama. Install android studio anda dan kemudian jalankan. Pastikan tidak ada error ketika menjalankan android studio.

Error yang sering muncul ketika menjalankan android studio adalah
Error Launching android Studio. Ini dapat diatasi jika anda sudah menginstall JAVA JDK. Disarankan menggunakan minimal JDK6.


Error kedua yang opodab alami adalah error start failed. Error ini dapat di atasi dengan mengedit dan menambahkan command perintah pada file idea.properties yang terdapat dalam folder bin pada installasi android studio.


Melanjutkan pembahasan kita yaitu menghubungkan android sdk dengan android studio, berikut langkah-langah yang dapat anda lakukan:

Yang pertama ketika muncul tampilan utama (jika belum pernah menggunaknnya dan belum pernah mempunyai projek dengan android studio) pilih Project Default, kemudian pilih Project Structure, Sampai tahap ini akan terlihat dimana lokasi penyimpanan SDK android tersebut.

Jika belum ada, atau sudah ada dan belum sesuai dengan tempat penyimpanan android SDK. Maka pada menu Android SDK Location kemudian klik untuk browse folder penyimpanan Android SDK tersebut. Setelah anda melalui proses ini dan sudah sesuai kemudian klik apply dan kemudian klik OK.

Sampai tahap ini proses untuk menghubungkan android sdk dengan android studio sudah selesai, dan untuk mengeceknya sudah benar atau belum, anda dapat kembali ke menu tampilan utama dan kemudian klik SDK Manager, jika berhasil maka window Android SDK akan muncul.

Untuk lebih jelasnya dalam menyelesaikan ini anda dapat melihat video berikut :

Untuk sementara sekian dulu yang dapat opodab tulis pada artikel ini, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Ciao,
OpODab,

setting android sdk, android sdk with android studio,

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.