Install Android Studio di Windows



OpO - Installation Android Studio On Windows
Installation Android Studio
Ciao,

Pada kesempatan ini saya akan mencoba membahas cara untuk installasi android studio pada sistem operasi windows. Seperti yang kita ketahui android studio adalah SDK untuk mengembangkan aplikasi pada sistem operasi android.

Yang pertama kita siapkan untuk installasi tentunya adalah file sdk itu, yang bias anda download di website android development . Sebelum install android studio sebaiknya anda sudah menginstall JDK ( Java Development Kit ) minimal JDK6.

Atau jika anda ingin mengembangkan aplikasi pada OS Android V5 atau keatas, kita disarankan untuk menggunakan JDK7. Kemudian, untuk mengetahui apakah computer kita sudah terinstall JAVA dengan cara masuk ke CMD kemudian ketik JAVA –Version. Jika computer anda belum terinstall JDK maka anda bias download di website oracle.

Jika JDK sudah siap saatnya kita installasi android studio. Yang pertama adalah double klik file android studio yang suda anda siapkan, disarankan adalah file berextensi exe (.exe). Kemudian setelah itu biasanya aka nada verifikasi installasi, dan tunggu saja.

Setelah itu akan muncul window android setup yang bertuliskan Welcome to Android Studio Setup, kemudian NEXT. Window yang kedua adalah tentang pemilihan komponen installasi Choose Components, klik Next. Selanjutanya windows tentang Lisence Agreement, klik I Agree.
Windows yang selanjutnya adalah Configuration Setting ( Install Location ), pada tahap ini adalah kita memilih lokasi untuk installasi Android Studio dan Android SDK. Jika anda ingininstallasi secara default maka klik Next saja. Namun jika anda ingin merubah lokasi installasinya maka klik browse, kemudian klik Next.

Selanjutanya Configuration Setting ( Emulator Settup ), secara default ram yang digunakan adalah 512MB namun anda juga dapat merubah RAM tersebut sampai dengan 966MB. Setelah anda memilih ukuran untuk ram kemudian klik Next. Dan kemudian Next lagi lalu tunggu proses Installing selesai. Kemudian Finish.

Saat ini proses installasi sudah selasai, hal petama yang harus pastikan adalah Anda sudah menginstall JDK minimal JDK6, kemudian memastikan bahwa sudah mengisi variable untuk JAVA_HOME sesuai dengan installasi JAVA JDK anda. Dengan cara masuk ke Start Menu -> Computer -> System Properties -> Advanced System Properties.  Setelah terbuka windownya kemudian pilih Advanced Tab -> Environment Variables dan pastikan JAVA_HOME sudah benar.

Atau jika belum, maka buat JAVA_HOME baru dengan klik new variable, kemudian isi nama variablenya dengan JAVA_HOME dan variabelnya isikan sesuai dengan folder installasi java jdk, misalnya adalah di C:\Program Files\Java\jdk1.7.0.21. Kemudian klik apply dan ok. Pada beberapa kasus computer perlu di restart setelah menambahkan variable name.

Untuk lebih memudahkan anda bisa melihat video dibawah ini:



Kira-kira seperti itu untuk proses installasi android studio pada sistem operasi windows. Pada kesempatan ini opodab telah mencoba instal pada sistem operasi windows 7 x64. Ok jika ada unek-unek yang ingin disampaikan, silahkan isi pada komentar dengan sopan. Dan semoga informasi ini dapat membantu anda.

Ciao,
OpODab

Menjelaskan langkah demi langkah installasi android studio pada windows. Dalam kasus ini menggunakan windows 7 x64, namun anda juga dapat mempraktekkannya pada windows 8 yang menggunakan x32 ataupun x64.

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.