Cara Membuat Projek Baru Dengan Android Studio



OpO ~ Cara Membuat Projek Baru Dengan Android Studio
OpO ~ Android New Project
Ciao,

Dalam kesempatan ini opodab ingin mejelaskan langkah-langkah untuk membuat sebuah project sederhana menggunakan android studio. Biasanya setiap kali membuat project baru dalam bahasa pemrograman selalu dengan instilah atau dengan isi Hello World!. Ok, opodab juga akan mengikutinya dengan nama program Hello.

Dalam membuat sebuah project pada android studio tentunya anda juga harus sudah menyiapkan program tersebut, atau jika belum anda bias download gratis pada website Android Developper secara gratis. Dan harus menyiapkan juga JAVA JDK, di sarankan minimal JDK adalah versi 6 (JDK6).



Selanjutnya jika perlengkapan tempur sudah siap, maka bukalah android studio anda. Ikuti langkah – langkah membut project baru dengan android studio di bawah ini:


  • Buat Project baru (klik new project pada android studio) 
    • Jika anda belum pernah mempunyai project, pada tampilan Welcome Screen  klik New Project.
    • Jika sudah pernah mencoba membuat project baru, pada menu File pilih  New Project. 
  • Pada Configure Your New Project isikan field – field yang kosong, kemudian klik Next. Pada kasus ini kita akan membuat project dengan nama helloFIRST. 
    •  Application name : aplikasi yang akan di tujukan kepada user nantinya. Isikan dengan helloFIRST. 
    •  Company Domain : biarkan default 
    •  Package Name : biarkan default 
    •  Project Locaion : untuk memilih tempat menyimpan project anda. Simpan di tempat yang anda inginkan. Bisa di lemarai atau di kulkas, hahahahh, kidding. 
  • Pada Select the form factors your app will run on, ceklist Phone and Tablet. Untuk  Minimum SDK, Pilih API 8: Android 2.2 (Froyo). 
  • Biarkan semua opsi lain (TV, Wear, and Glass) dan klik Next. 
  • Pada Add an activity to <template>, pilih Blank Activity and click Next. 
    • Activity adalah salah satu fitur yang membedakan dari kerangka Android. Kegiatan menyediaka pengguna dengan akses ke aplikasi Anda, dan mungkin ada banyak kegiatan. Sebuah aplikasi biasanya akan memiliki kegiatan utama ketika pengguna meluncurkan aplikasi, aktivitas lain untuk saat memilih beberapa konten untuk melihat, misalnya, dan kegiatan lain ketika ia melakukan tugas-tugas lain dalam aplikasi. 
  • Pada Choose options for your new file, ganti Activity Name menjadi MyActivity. Layout Name ganti menjadi activity_my, dan Title menjadi MyActivity. Menu Resource Name adalah menu_my. 
  • Kemudian klik tombol Finish untuk membuat projek baru.
Setelah mengikuti langkah langkah diatas seharusnya sebuah project te;ah terbentuk, dengan pengaturan default bertuliskan Hello World. Namun Anda juga dapat menggantinya dengan tulisan yang lain. Lalu bagaimana cara menjalankannya aplikasi baru kita. Apakah langsung dapat di gunakan? Seharusnya sudah bias di run/debug. Tapi tentunya kita sudah mempunya Android Virtual Device (AVD) atau anda dapat menjalankkannya pada android anda.
 

Agar lebih jelas untuk mengikuti tutorial ini opodab menyediakan juga tutorialnya, tonton juga videonya ya, dan klik langgganan juga, ini videonya:

Sekian dulu pembahasan kali ini mengenai Cara Membuat Project Baru Pada Android Studio. Semoga bermanfaat untuk anda.

Ciao,
OpODab,

Cara membuat project baru pada android studio, projek baru di android studio, android projek

Posting Komentar

[disqus][facebook]

Author Name

{facebook#https://www.facebook.com/OpoWaeDab} {twitter#https://twitter.com/opowaedab} {google-plus#https://plus.google.com/+OpODabBlogspot} {pinterest#https://www.pinterest.com/OpODab/} {youtube#https://www.youtube.com/c/opogendanggendut}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.